Tedros Kembali Terpilih Sebagai Dirjen WHO

Negara-negara anggota WHO kembali memilih Tedros sebagai dirjen.

AP/Balazs Mohai/MTI
Mantan Menteri Kesehatan Ethiopia Tedros Adhanom Ghebreyesus kembali terpilih sebagai direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia.
Rep: Fergi Nadira Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus akan melanjutkan masa jabatanya untuk yang kedua kalinya untuk memimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini diumumkan WHO pada Jumat (29/10) waktu setempat.

"Satu kandidat diusulkan oleh negara-negara anggota pada batas waktu 23 September 2021: Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus," kata WHO dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Anadolu Agency, Sabtu (30/10).

Menurut WHO, Tedros mendapatkan dukungan dari 28 negara. Mantan menteri kesehatan dan luar negeri Ethiopia yang telah berada di garis depan perang melawan pandemi Covid-19 itu terpilih menjadi pemimpin WHO pada 2017.

Baca Juga

Tedros menjadi kandidat pertama asal Afrika yang mengepalai badan kesehatan masyarakat dunia. Penunjukan resmi direktur jenderal berikutnya akan berlangsung di Majelis Kesehatan Dunia ke-75, pertemuan tahunan organisasi negara-negara anggota.

Pada Mei 2022, Majelis Kesehatan Dunia akan melakukan pemungutan suara secara tertutup pemilihan direktur jenderal WHO berikutnya. Masa jabatan lima tahun barunya akan dimulai pada Agustus 2022.

Tedros menominasikan Austria, Bahrain, Barbados, Botswana, Kepulauan Cook, Kroasia, Denmark, dan Estonia. Selain itu, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Indonesia, Irlandia, Kazakhstan, Kenya, Luksemburg, Malta, Belanda, Oman, Portugal, Rwanda, Slovakia, Spanyol, Swedia, Tonga, serta Trinidad dan Tobago juga masuk dalam daftar nominasi yang disusun dirjen berusia 56 tahun itu.

Berita aslinya dapat dibaca di https://www.aa.com.tr/en/health/tedros-to-continue-as-who-chief-for-2nd-term-says-un-agency/2406658

 
Berita Terpopuler