Benedict Cumberbatch Jadi Alexander Litvinenko di Serial HBO

Alexander Litvinenko merupakan agen KGB yang membelot kemudian diracun.

AP
Benedict Cumberbatch akan tampil sebagai Alexander Litvinenko, seorang agen KGB yang membelot, dalam serial terbatas HBO.
Rep: Farah Noersativa Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor asal Inggris Benedict Cumberbatch akan membintangi serial terbatas berjudul Londongrad. Serial itu masih dalam pengembangan oleh saluran HBO.

Menurut laman Variety, Jumat (29/10), Londongrad diadaptasi dari sebuah buku berjudul The Terminal Spy karya Alan Cowell. Serial akan menceritakan kisah nyata mualaf Alexander Litvinenko, seorang agen KGB yang membelot. Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB) adalah sebuah badan intelijen Soviet.

Litvinenko kemudian dibunuh dengan racun isotop radioaktif polonium-210 pada 2006 di Inggris. Selain memerankan Litvinenko, Cumberbatch juga mengisi kursi produser eksekutif pada proyek di bawah bendera Sunnymarch-nya.

Sementara itu, David Scarpa berperan sebagai penulis serial merangkap produser eksekutif. Bertindak sebagai sutradara adalah Bryan Fogel yang juga merupakan produser eksekutif melalui Orwell Productions. Lalu, Len Amato dari Crash&Salvage juga akan menjadi produser eksekutif bersama Adam Ackland dan Claire Marshall dari Sunnymarch.

Baca Juga

Cumberbatch telah memegang beberapa peran serial TV yang sangat dihormati selama kariernya. Salah satu yang paling legendaris adalah perannya sebagai detektif legendaris Sherlock Holmes di serial produksi saluran BBC, Sherlock.

Melalui Sherlock, Cumberbatch mendapatkan banyak nominasi Emmy dan BAFTA. Belum lama ini, dia juga ini membintangi serial terbatas Patrick Melrose yang diangkat dari serangkaian novel semi-otobiografi yang ditulis oleh Edward St Aubyn.

Cumberbatch juga kondang melalui beberapa filmnya, termasuk The Imitation Game. Dia mendapatkan nominasi Oscar untuk perannya tersebut. Selain itu, film yang dibintangi Cumberbatch lagi adalah Atonement, 1917, 12 Years a Slave, Star Trek Into Darkness, dan dua film The Hobbit. Dia saat ini memerankan Dr. Strange di Marvel Cinematic Universe.

 
Berita Terpopuler