Balikpapan Deteksi 31 Titik Panas

Sebanyak 31 titik panas di Balikpapan tersebar di tujuh Kabupaten.

FB Anggoro/ANTARA
Sebanyak 31 titik panas di Balikpapan tersebar di tujuh Kabupaten.
Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Stasiun Meteorologi Sultan Aji Muhammad Sulaiman ( SAMS ) Sepinggan di Kota Balikpapan , mendeteksi adanya 31 titik panas (hotspot). Sebanyak 31 titik panas dilaporkan tersebar di tujuh kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca Juga

"Ketujuh Daerah tersebut Adalah Kabupaten Paser , Penajam Paser Utara, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, Dan Kabupaten Mahakam Ulu," ujar Kepala Stasiun Meteorologi SAMS Sepinggan Balikpapan Erika Mardiyanti di Balikpapan, Kamis (28/10). 

Rinciannya di Kabupaten Paser ada 5 titik api , Penajam Paser Utara 1 titik api , Kutai Barat 5 , KutaiTimur 2 hotspot , Kutai Kartanegara 8 hotspot , Berau 2 hotspot , Dan Mahakam Ulu 8 hotspot. Untuk 5 hotspot yang terdeteksi di Kabupaten Paser tersebut tersebar di kecamatan empat, yakni Kecamatan Kuaro ada 1 titik, Kecamatan Batu Sopang 1 titik, Kecamatan Long Ikis 1 titik, dan Kecamatan Paser Belengkong 2 titik yang masing-masing memiliki tingkat kepercayaan 'menengah'.Erika melanjutkan, untuk 1 hotspot yang terdeteksi di Penajam Paser Utara, berada di Kecamatan Waru, yakni di Desa Api-Api dengan tingkat kepercayaan menengah.

Untuk titik panas di Desa Api-Api tersebut, menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara Nurlaila , kemarin juga terdeteksi dan langsung ditindaklanjuti ke lokasi oleh tim, kemudian diketahui api sudah padam, namun hari ini muncul lagi titik panas. Erika melanjutkan, untuk 5 titik panas yang terdeteksi di Kutai Barat tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Dilang Puti ada 2 hotspot, kemudian di Kecamatan Siluq Ngurai terdapat 3 titik yang semuanya dengan tingkat kepercayaan menengah.

'Untuk hotspot di Kutai Timur yang ditemukan 2 titik tersebar di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Muara Ancalong . Sama-sama dengan tingkat kepercayaan menengah," kata Erika.

Kutai Kartanegara yang ada 8 titik ini tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kota Bangun ada 4 titik, Kecamatan Loa Janan 3 titik, dan Kecamatan Loa Kulu ada 1 titik yang masing-masing dengan tingkat kepercayaan menengah.Hotspot yang terpantau di Kabupaten Berau, berada di Kecamatan Talisayan yang juga dengan tingkat kepercayaan menengah, yakni di koordinat 118.1905 Bujur - 1.4020 Lintang dan 118.1595 Bujur - 1.4225 Lintang. 

"Sedangkan untuk 8 hotspot di Kabupaten Mahakam Ulu, semuanya berada di Kecamatan Long Apari. Sama halnya dengan di kabupaten lainnya, hotspot yang terpantau di Mahakam Ulu juga dengan tingkat kepercayaan menengah," ujarnya.

 
Berita Terpopuler