Gagal Bayar Utang, Perusahaan Jessica Jung Digugat Rp 96 M

Jessica Jung mendirikan perusahaan mode Blanc & Eclare.

EPA
Mantan personel Girls Generation, Jessica Jung, merupakan pendiri perusahaan mode Blanc & Eclare.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merek fesyen yang didirikan oleh bintang K-pop Jessica Jung (Jung Soo-youn) dilaporkan terlilit utang miliaran rupiah. Mantan anggota girl group Girls' Generation atau SNSD itu merupakan sosok di balik jenama mode internasional Blanc & Eclare.

Dilansir The Standard pada Rabu (29/9), Blanc & Eclare digugat oleh Joy King Enterprises dalam kasus gagal bayar pinjaman. Joy King Enterprises telah mengajukan banding ke pengadilan tinggi untuk menuntut pengembalian lebih dari 6,8 juta dolar AS (sekitar Rp 96 miliar) dari seorang investor brand fashion Jessica Jung itu.

Perusahaan itu mengatakan bahwa Blanc & Eclare sebelumnya meminjam empat juta dolar AS (sekitar Rp 57 miliar). Namun, Blanc & Eclare gagal membayar utangnya tepat waktu.

Joy King Enterprises lalu menggugat investor Tyler Y Kwon untuk mengembalikan pokok dan bunga dengan total 6,8 juta dolar AS. Selain berkiprah di Blanc & Eclare, Kwon juga ketua dan CEO perusahaan merek Coridel.

Dalam laporan kasusnya, Joy King Enterprises menyebut, Blanc Group pertama kali meminjam tiga juta dolar AS (sekitar Rp 42 miliar) dari Spectra SPC pada Oktober 2016. Blanck Group kemudian meminjam 1 juta dolar AS (sekitar Rp 14 miliar) lagi dari perusahaan yang sama pada Mei 2017.

Baca Juga

Joy King Enterprises melakukan perjanjian pinjaman dengan Spectra SPC pada Agustus 2021, dan sejak itu menjadi pemberi pinjaman Blanc Group. Sampai dengan 10 September 2021, pinjaman tersebut belum dilunasi.

 
Berita Terpopuler