Populasi Muslim Uganda Alami Peningkatan

Populasi Muslim Uganda alami peningkatan.

Aa.com.tr
Muslim Uganda (ilustrasi).
Rep: Zahrotul Oktaviani Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, KAMPALA -- Populasi Muslim di Uganda mengalami peningkatan. Seiring dengan peningkatan ini, dibutuhkan masjid-masjid baru yang layak untuk menampungnya.

Baca Juga

"Populasi Muslim di negara ini sedang meningkat. Karenanya, ada kebutuhan untuk membangun lebih banyak masjid baru," kata Juru Bicara Dewan Tertinggi Muslim Uganda, Ashraf Muvawala dikutip di Anadolu Agency, Ahad (5/9).

Dalam keyakinan agama Islam, dipercaya siapa pun yang membangun masjid akan diberi pahala oleh Allah SWT. Muvawala pun menyebut banyak keluarga kaya membangun masjid di Uganda.

Meski banyak pihak yang membantu pembangunan masjid di Uganda, baik individu maupun organisasi atau kelompok, ia mengatakan banyak yang tidak ingin namanya disebutkan di depan umum.

Salah satu masjid tersebut berada di distrik Lira di Uganda utara. Bangunan ibadah ini adalah masjid terbesar kedua di negara itu, yang menampung 4.000 orang.

Masjid tersebut dinamai berdasarkan mantan Presiden Idi Amin dan dibangun dengan dana dari Turki. Masjid ini mulai beroperasi pada Desember 2018 oleh Sheikh Shaban Mubajje, seorang mufti Uganda.

 

Sheikh Othman Eden, yang bertanggung jawab menyebarkan Islam di distrik Lira, mengatakan masjid itu dibangun melalui sumbangan dari teman-teman mereka dari Turki. Namun, dia tidak membeberkan detail dana tersebut.

"Dalam agama Islam, kami tidak seharusnya mengungkapkan siapa dan jumlah sumbangannya karena ini adalah amal dari Turki. Bahkan Alquran mengatakan apa yang telah diberikan tangan kanan, tangan kiri tidak boleh tahu," kata dia kepada surat kabar lokal.

Juru bicara komunitas Muslim di Uganda timur, Sheikh Kassim, pun mengatakan lebih dari 300 masjid baru telah dibangun oleh teman-teman dan organisasi Arab di wilayah itu. Selain masjid, beberapa proyek kesejahteraan lainnya telah didukung oleh berbagai organisasi Muslim dari Arab Saudi.

"Selain masjid, 50 sumur dangkal, dua sekolah teknik, dan sekolah menengah telah dibangun dengan dana dari teman-teman Arab,” lanjutnya.

 

Menurut sensus nasional terakhir pada tahun 2013, populasi Muslim Uganda adalah 13,7 persen dari total populasi. Menurut Biro Statistik Uganda, saat ini ada 9,1 juta Muslim di negara itu.

 

"Setidaknya 1.100 masjid modern telah dibangun di seluruh negeri oleh sponsor dari dunia Arab,” kata seorang pemimpin Muslim di Kampala, Sheikh Musa Kasirivu. Ia menambahkan, banyak masjid baru sedang dibangun di daerah pedesaan sementara masjid yang lama sedang diperbaiki.  

 
Berita Terpopuler