Iwan Fals Sebut Album Pun Aku Sangat Personal

Bertepatan dengan ulang tahunnya ke-60, Iwan Fals merilis album berjudul Pun Aku.

Tangkapan Layar
Penyanyi Iwan Fals saat berbincang di Afternoon Talk oleh Musica yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (3/9). Iwan meluncurkan album Pun Aku.
Rep: Farah Noersativa Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Iwan Fals merilis album baru berjudul Pun Aku bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-60, Jumat (3/9). Itu merupakan album ke-42 Iwan.

Berbarengan dengan peluncuran album Pun Aku, Iwan memperkenalkan single "Selamat". Sebelumnya, "16/01" dan "Merah Putih" sudah lebih dulu diperdengarkan.

Baca Juga

"Selamat", menurut Iwan, merupakan doa dan harapan paling tulus dan hangat untuk orang terdekatnya saat merayakan hari jadinya yang ke-60 ini. Aransemen lagu yang diciptakan oleh Iwan ini digarap oleh Aldi Nada Permana. Sementara itu, putri Iwan, Rambu Cikal, memproduseri lagu dan album Pun Aku bersama dengan Lafa Pratomo.

Video musik lagu "Selamat" juga turut dirilis pada Jumat. Video tersebut menampilkan kehidupan Iwan bersama dengan keluarganya di rumahnya.

Iwan juga terlihat menerima ucapan dari teman-teman dan para penggemarnya. Iwan tampak membuka album lama yang lusuh, dan menampilkan foto almarhum putra sulungnya, Galang Rambu Anarki. Menurut Iwan, album Pun Aku sangat personal.

"Alhamdulillah Raya (putra bungsunya) terlibat di drum, dapat kesempatan dari Cikal untuk memainkan drum. Cikal mengelola, menjadi produser. Di rumah ada studio," ungkap Iwan saat konferensi pers Afternoon Talk yang disimak secara virtual, Jumat (3/9).

Kisah-kisah pada lagu-lagu Pun Aku juga merupakan penggalan catatan-catatan Iwan sejak zaman reformasi sampai November 2021. Iwan menyerahkan beberapa catatannya untuk dipilih Cikal sebagai bagian dari lagu album ini. Tak banyak hal yang ditambah oleh Lafa pada lagu-lagu yang terpilih itu, menurut Iwan.

“Saya nggak bisa lari dari diri saya sendiri. Saya hanya bercermin saja. Walaupun di sana ada Rara (Sekar), ada Nadin (Amira). Karena hari-hari saya memang begitu. Saya bersama Cikal dan teman-temannya, band saya juga seumuran Cikal,” jelas Iwan.

Pun Aku terdiri atas 12 lagu dengan total waktu putar 55 menit. Iwan berkolaborasi dengan sejumlah musisi lintas generasi yang memberi warna baru pada karier musiknya.

Danilla, Nadin Amizah, NonaRia, Sandrayati Fay, dan Rara Sekar terlibat dalam Pun Aku. Selain itu, secara khusus ada penampilan dari Maizura, Zara Leola, Shakira Jasmine, Regina Poetiray, Difki Khalif, Rheno Poetiray, dan Stevan Pasaribu. Mereka menjadi penyanyi latar di lagu "Kabar Aroma Tanah".

 
Berita Terpopuler