Windows 11 Rilis 5 Oktober, Ini Syarat Spesifikasi PC-nya

Diharapkan pada pertengahan 2022 semua perangkat akan hadir dengan Windows 11.

digitaltrends
Menu start di windows 11
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft akan meluncurkan Windows 11. Windows 11 ini akan diluncurkan pada  pada 5 Oktober.

Baca Juga

Dilansir ONMSFT, Rabu (1/9), Windows 11 akan mulai diluncurkan pada PC Windows 10 yang memenuhi syarat pada tanggal tersebut. Sistem operasi ini juga akan hadir pada PC tertentu Microsoft, Acer, Asus, Dell, Lenovo dan Samsung.

Diharapkan, pada pertengahan 2022, semua perangkat yang memenuhi syarat akan datang dengan Windows 11 secara default. Jadi jangan berharap Windows 11 akan segera tersedia di setiap perangkat baru.

Microsoft juga meluangkan waktu untuk menyoroti beberapa laptop yang akan mendukung Windows 11. Tidak mengherankan, Microsoft menyoroti dua perangkatnya sendiri, Surface Laptop 4 dan Surface Pro 7, bersama beberapa dari produsen mitranya, termasuk laptop dari Acer, Asus, Lenovo dan Samsung. Untuk para gamer,  Alienware X-Series Dell adalah pilihan yang direkomendasikan.

Microsoft Perbarui Spesifikasi Minimum Windows 11

Microsoft memperbarui spesifikasi minimum Windows 11. Microsoft mengonfirmasi pemutakhiran akan dimungkinkan pada PC yang tidak didukung. Persyaratan minimum untuk Windows 11 telah menjadi masalah yang diperdebatkan bagi banyak orang. Namun, Microsoft melonggarkan spesifikasi minimum dengan menambahkan prosesor Intel 7-gen ke daftar perangkat keras yang didukung.

Pada saat yang sama, perusahaan mengonfirmasi bahwa perangkat keras yang tidak didukung masih dapat menginstal Windows 11 di dalamnya melalui penggunaan ISO.

 

 

Notifikasi dari Windows Update

Untuk memeriksa apakah perangkat memenuhi syarat untuk memutakhirkan ke Windows 11, pengguna bisa memeriksa di  PC Health Check milik Microsoft. Namun, sekarang penguji di saluran Release Preview mendapatkan pesan langsung dari Windows Update tentang status kompatibilitas PC mereka.

Pemberitahuan di Windows Update untuk update Windows 11 - (microsoft)

 

Dilansir dari Techradar, Selasa (31/8), pengguna akan menerima pesan berikut: “Berita bagus-PC Anda memenuhi persyaratan sistem minimum untuk Windows 11. Waktu spesifik kapan akan ditawarkan dapat bervariasi saat kami menyiapkannya untuk Anda. Catatan: Beberapa fitur Windows 10 tidak tersedia di Windows 11. Aplikasi dan fitur tertentu mungkin memiliki persyaratan tambahan.”

Anda juga akan diberitahu bahwa mesin perangkat Anda tidak mendukung Windows 11. Tautan juga disediakan oleh Windows Update sehingga Anda dapat memeriksa spesifikasi perangkat yang tepat yang diperlukan untuk versi sistem operasi yang diperbarui.

Meskipun PC Anda dinyatakan tidak layak untuk Windows 11, masih mungkin untuk menginstal OS baru secara manual melalui file ISO. Microsoft tidak akan mencegah pengguna yang tidak memiliki spesifikasi minimal untuk bisa menginstal Windows 11.

Namun, Anda perlu berhati-hati. Sebab, ada kemungkinan sustem menjadi tidak stabil. Selain itu, Anda mungkin tidak akan mendapatkan pembaruan kumulatif dan perbaikan keamanan penting lainnya.

 

Perubahan Windows 11

Windows 11 membawa beberapa perubahan yang cukup drastis, terutama perubahan tampilan dan  Start menu. Tapi survei terbaru menunjukkan orang mulai terbuka dengan perubahan, meskipun orang biasanya menentang perubahan. Survei menemukan 53 persen yang disurvei percaya Windows 11 terlihat menakjubkan. 

Selain itu, kinerja sistem secara keseluruhan dapat didorong oleh teknologi baru dari Intel, yang disebut Thread Director. Ini memungkinkan OS untuk memutuskan arsitektur mikro mana yang akan digunakan untuk tugas-tugas tertentu, membantunya menjadi lebih cepat dan efisien.

Aplikasi dalam Windows 11

Aplikasi Paint yang didesain ulang akan hadir di Windows 11 dan Chief Product Officer di Microsoft  Panos Panay meluangkan waktu untuk memberikan bocoran tentang tampilannya. Dua perubahan penting adalah penggunaan warna bulat dan penggunaan mode gelap dari pengaturan Windows 11.

Selain aplikasi Paint yang didesain ulang, Panay juga memberikan sedikit bocoran untuk Windows 11 Snipping Tool baru dan integrasi Windows 11 dengan Spotify.

 

Snipping Tool menjadi pusat perhatian. Perbedaan utama adalah alat ini sekarang lebih selaras dengan prinsip-prinsip desain umum Windows 11. Panay pun menunjukkan bagaimana Alarm Clock  di aplikasi Clock memiliki kemampuan untuk mengatur daftar putar Spotify untuk diputar.

 
Berita Terpopuler