Terlibat Kasus Prostitusi, Seungri Divonis 3 Tahun Penjara

Seungri eks BIGBANG terbukti terlibat skandal prostitusi di kelab malam Burning Sun.

AP
Selain prostitusi, mantan personel BIGBANG, Seungri, didakwa praktik suap, perjudian, hiingga penipuan.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan member grup BIGBANG, Seungri, dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dan denda hampir 1 juta dolar AS (sekitar Rp 14,4 miliar) pada Kamis. Pria bernama asli Lee Seung-hyun itu terbukti terlibat dalam kasus prostitusi di Korea Selatan.

Kasus ini menjadi bagian dari skandal prostitusi di kelab malam Burning Sun yang pertama kali terbongkar pada 2019. Beberapa bintang pop, pengusaha, dan polisi juga terseret dalam kasus ini.

Baca Juga

Selain prostitusi, kasus yang didakwakan lainnya adalah praktik suap, perjudian, hingga penipuan. Saat ini Seungri sedang wajib militer sehingga persidangan dipindahkan ke pengadilan militer di Yongin, selatan Seoul.

Pengadilan memutuskan Lee bersalah atas sembilan tuduhan. Dia terbukti terlibat dalam penggelapan dana dari klub malam, perjudian di luar negeri, dan makelar pelacur untuk investor asing dalam bisnisnya.

Dilansir Reuters, Jumat (13/8), Seungri telah membantah sebagian besar tuduhan. Belum ada pernyataan lanjutan terkait vonis dari Seungri.

Skandal yang berpusat di beberapa klub malam tempat Lee terlibat, juga menyeret bintang K-pop lainnya, termasuk Jung Joon-young dan Choi Jong-hoon. Keduanya pada 2019 masing-masing dijatuhi hukuman enam dan lima tahun penjara.

Jung juga dinyatakan bersalah karena merekam penyerangan dan mendistribusikan rekaman tersebut, yang terungkap ketika polisi sedang menyelidiki Lee. Hukuman untuk Jung dan Choi kemudian dikurangi.

Lee melakukan debut resminya pada Agustus 2006 bersama dengan empat anggota BIGBANG lainnya, yakni G-Dragon, T.O.P, Taeyang dan Daesung. Mereka tidak terlibat dalam skandal itu.

BIGBANG masih sangat populer meskipun empat anggota yang tersisa mengambil hiatus untuk dinas militer mereka, yang semuanya selesai pada tahun 2019. Reuni comeback direncanakan untuk festival musik Coachella tahun lalu, tetapi acara tersebut dibatalkan karena pandemi.

 
Berita Terpopuler