FOZ akan Terus Perkuat Layanan Penyediaan Oksigen Medis

FOZ melakukan berbagai langkah penyediaan oksigen medis di banyak rumah sakit.

ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Pengisian Oksigen Medis
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --Sekretaris Umum Forum Zakat (Foz), Irvan Nugraha menyampaikan, Foz melakukan berbagai langkah penyediaan oksigen medis di banyak rumah sakit. Hal ini sebagai wujud komitmen dalam penanganan dampak pandemi agar Indonesia bisa keluar dari situasi pandemi saat ini.

Baca Juga

"Sejak awal Forum Zakat telah mengeluarkan kampanye melawan Covid-19 karena kita ingin masuk sebagai bagian kolaborasi dalam penanggulangan Covid dan dampaknya. Sejak awal kita sudah masuk dalam bingkai aksi," kata dia dalam agenda daring bertajuk 'Diskursus Gerakan Zakat: Oksigen untuk Rakyat, Bisakah?', Kamis (5/8).

Irvan mengatakan, anggota Foz selama ini telah aktif memberikan bantuan kepada tenaga medis dan mengedukasi masyarakat termasuk dalam ekonomi dan ketahanan pangan. Foz juga telah membuat tim Satgas Covid-19, yang bisa memfasilitasi kolaborasi antara anggota Foz dengan pemangku kepentingan lainnya.

"Dalam hal data pun kita sudah mengeluarkan pendataan yang tersentralisasi yang menjadi bahan untuk anggota Foz yang menginformasikan ke publik dan stakeholder. Misalnya data terkait proses vaksinasi amil. Ada juga data terkait bagaimana amil yang terkonfirmasi positif dan sembuh dan amil yang gugur dalam pandemi," jelasnya.

 

 

Irvan melanjutkan, Foz juga membuat pusat data untuk merekapitulasi data-data layanan yang diberikan kepada masyarakat. Dia menekankan, Foz mendukung anggotanya supaya mendapat fasilitas untuk memperkuat layanan kepada masyarakat yakni para mustahik maupun dhuafa.

"Dalam hal oksigen, kami berupaya memberikan jalan kepada anggota Foz untuk mendapatkan tabung oksigen medis. Kita terus coba upayakan dan kita juga share kepada teman-teman anggota Foz," tutur dia.

Lebih lanjut, Irvan menuturkan, Foz akan terus mengirim layanan-layanan yang dilakukan oleh anggota Foz kepada masyarakat. Misalnya beberapa waktu lalu telah mempublikasikan terkait bagaimana mengakses ambulans dan layanan pemenuhan oksigen medis.

 

"Sudah sangat kreatif. Ada yang membuat program pinjam tabung oksigen. Misalnya di lembaga A kurang oksigen, dan di sini ada tabung oksigen, mereka berkolaborasi untuk saling menguatkan satu sama lain. Ini sangat membantu sekali. Dan ke depannya, kita akan terus memperkuat layanan ini," kata dia.

 
Berita Terpopuler