Daftar Barang yang Sebaiknya tidak Ditinggalkan di Mobil

Dompet, tas dan obatmenjadi tiga barang penting untuk tidak ditinggalkan di mobil

Republika/ Wihdan
Keluarga berencana bepergian (ilustrasi). Meninggalkan barang tertentu di mobil dalam waktu lama bisa membuat kondisinya rusak dan sebagian menimbulkan bahaya.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika bepergian menggunakan mobil dan sampai di lokasi yang dituju, sebagian orang meninggalkan barang-barangnya di kendaraan yang terparkir. Padahal, tidak semua barang aman ditinggalkan begitu saja.

Meninggalkan barang tertentu di mobil dalam waktu lama bisa membuat kondisinya rusak dan sebagian menimbulkan bahaya. Berikut sejumlah barang yang sebaiknya dibawa ketika turun dari mobil, dikutip dari laman Daily Record.

- Dompet/tas

Dompet dan tas yang ditinggalkan di mobil bisa menarik perhatian pencuri untuk melakukan tindak kriminal. Lebih baik dompet atau tas yang berisi barang berharga selalu dibawa saat turun dari mobil.

- Obat-obatan

Kelembapan dan suhu tinggi pada mobil yang diparkir dalam waktu lama bisa membuat obat-obatan menjadi kurang efektif. Akibatnya, berpotensi menyebabkan situasi yang mengancam jiwa ketika obat-obatan dibutuhkan saat darurat.

- Cairan sanitasi tangan

Apabila cairan sanitasi tangan mengandung alkohol, lebih baik tidak ditinggalkan di mobil saat cuaca panas guna mencegah risiko kebakaran. Tidak hanya itu, cuaca panas juga bisa mengurangi efektivitas produk.

- Kacamata

Lensa kacamata bisa memicu kebakaran jika terpapar sinar matahari, begitu juga bingkai plastiknya dapat meleleh dan melengkung dalam panas. Kacamata berbingkai logam pun bisa menjadi panas.

- Tabir surya

Bahan aktif dalam tabir surya dapat rusak jika terpapar suhu tinggi saat masih dalam kemasan, sehingga mengurangi efektivitas perlindungan ketika dipakai. Sebaiknya, tabir surya disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

 

- Barang elektronik

Meninggalkan benda elektronik di mobil saat hari panas bisa menyebabkan kerusakan perangkat. Panas dapat memengaruhi mekanisme kerjanya, sehingga lebih baik membawanya atau tidak ditinggal dalam waktu lama.

- Korek

Begitu turun dari mobil, banyak perokok meninggalkan korek atau pemantik api di dasbor atau kursi. Padahal, kebiasaan itu bisa memicu bahaya kebakaran. Jauh lebih aman untuk memasukkan korek ke saku celana.

- Make-up

Beberapa produk riasan seperti lipstik berpotensi meleleh pada temperatur di atas suhu kamar. Losion, krim, produk cair dan berbasis minyak juga mudah rusak pada suhu tinggi, jadi sebaiknya tidak ditinggal saat cuaca panas.

 

Selain itu, masih ada barang lain yang sebaiknya tidak ditinggalkan di kendaraan. Deretan barang itu antara lain lilin, baterai, produk mengandung aerosol, tanaman, makanan, minuman, botol plastik, pakan hewan, dan perlengkapan seni.

 
Berita Terpopuler