Menlu Retno ke Italia untuk Hadiri Pertemuan G20

Pertemuan G20 akan membahas sejumlah isu mulai pemulihan pandemi hingga Myanmar

UN Watch
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi
Rep: Fergi Nadira Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi akan menghadiri pertemuan antara Menlu negara-negara yang tergabung dalam G20, Selasa (29/6) waktu setempat. Menlu Retno telah tiba di Bari, 43 kilometer dari Roma, bagian selatan Italia dua hari sebelumnya.

Baca Juga

"Malam ini mulai dilakukan resepsi pembukaan Pertemuan Menlu G20, sementara pertemuannya sendiri akan diselenggarakan 29 Juni di Matera, sekitar 66 kilometer dari Bari," ujar Menlu Retno dalam rekaman video konferensi pers dari Roma, Selasa (29/6).

Sebelum pertemuan inti, Menlu Retno melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa Menlu, antara lain, pertemuan bilateral dengan Menlu Brunei Darussalam, Menlu India, Menlu Jepang, Menlu Singapura, dan Menlu Spanyol. Pada Ahad (27/6), Menlu juga telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Italia dan Menlu Kanada.

Pertemuan-pertemuan tersebut membahas berbagai isu mulai dari kesiapan presidensi Indonesia di G20 tahun 2022, pemulihan ekonomi pasca-pandemi, hingga isu-isu kawasan termasuk Myanmar. Kelompok 20 negara (G20) adalah kelompok internasional yang terdiri dari Argentina, Australia, Brazil, Kanada, China, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

 
Berita Terpopuler