Masjid Quba Telah Dibuka untuk Jamaah

Jamaah telah diizinkan untuk sholat di Masjid Quba sepanjang hari.

Arabnews.com
Boulevard masjid Quba Madinah.
Rep: Mabruroh Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan telah mengarahkan pembukaan Masjid Quba sepanjang waktu, mulai Ahad (20/6). Kini jamaah telah diizinkan untuk sholat di masjid sepanjang hari.

Baca Juga

Kementerian mencatat bahwa otoritas yang kompeten telah mengambil semua langkah dan protokol kesehatan yang berlaku pada masjid, untuk memastikan keselamatan dan kesehatan jamaah dari infeksi virus corona.

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (21/6), masjid Quba terletak di Jalan Hijrah yang menghubungkan Madinah dengan Makkah dan berjarak sekitar 3,5 km selatan Masjid Nabawi di Madinah.

Ini adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad (SAW) ketika Rosulullah tiba di Madinah setelah berhijrah dari Makkah. Dia ikut serta dalam peletakan batu pertama masjid dan kemudian para sahabatnya menyelesaikan pembangunannya. Masjid ini konon menjadi tempat pelaksanaan salat Jumat pertama kali.

 

Nabi (SAW) biasa pergi ke masjid dari waktu ke waktu, kebanyakan pada hari Sabtu untuk shalat di masjid, yang dianggap sebagai masjid pertama dalam sejarah Islam. Nabi SAW juga mengajak para sahabatnya untuk mengunjungi masjid. 

Rasulullah bersabda bahwa pahala shalat di Masjid Quba sama dengan pahala umrah.

“Barang siapa yang bersuci di rumahnya, lalu datang ke Masjid Quba dan shalat di sana, maka baginya pahala melakukan umrah,” dikutip dalam sebuah hadits.

 

 

 
Berita Terpopuler