Cara Cerdas dalam Bersyukur, Ini Penjelasannya

Cerdas dalam bersyukur merupakan salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup.

Youtube
Belajar bersyukur (Ilustrasi)
Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, Ibnul Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya Madarij As Salikin mengatakan, syukur itu dapat direalisasikan dengan lisan seorang hamba yaitu mengakui dan memuji keagungan Tuhannya, kemudian hatinya semakin meyakini dan mencintai-Nya, untuk selanjutnya mewujudkan kesyukuran tersebut dengan segenap anggota badan.

Baca Juga

Adapun cara cerdas dalam bersyukur dapat dilakukan dengan tiga hal yakni mengakui nikmat dari Allah dalam hatinya(i'tiraf), memuji Allah, zat yang memberi nikmat (muním), dan menundukkan kenikmatan (taskhiran niam) untuk ketaatan di jalan Allah bukan bermaksiat kepadanya.

Cerdas dalam bersyukur merupakan salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup. Orang bersyukur akan berusaha menjadikan kualitas hidupnya lebih baik. (QS Ibrahim ayat 7). Orang yang bersyukur pun akan mampu melihat segala sesuatu secara jernih, obyektif, cerdas dan penuh syukur. Dia pun akan lebih mampu menikmati hidup.

 

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi hamba yang pandai bersyukur:

Mengetahui apa itu nikmat dan meyakini nikmat tersebut merupakan anugerah Allah SWT.

Berbahagia dan bergembira dengan nikmat yang dianugerahkan sera mengabarkan kepada orang lain bahwa Allah SWT telah memberikan nikmat (HR Ahmad dan Tirmidzi).

Memahami akibat buruk dari mengkhufuri nikmat, yakni datangnya azab dari Allah (QS Ibrahim ayat 7)

Melaksanakan hal yang dikhendaki pemberi nikmat baik lisan maupun perbuatan.

Mengagungkan Allah sebagai Zat pemberi nikmat. (QS Al Baqarah 185).

 
Berita Terpopuler