Daniel James Berkembang di Bawah Tekanan Timnas Wales

Ini menjadi laga perdana James di ajang Euro bersama Wales.

AP/Stu Forster/POOL Getty
Daniel James, pemain Manchester United asal Wales.
Rep: Hartifiany Praisra Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF -- Pemain sayap tim nasional (timnas) Wales, Daniel James, mengalami perkembangan yang luar biasa di bawah tekanan. Ia merasa tidak terlalu gugup lagi jelang melawan Swiss di Euro 2020.

Timnas Wales berada di Grup A dengan menghadapi Swiss pada Sabtu (12/6) besok di Stadion Olimpiade Baku. Ini menjadi laga perdana James di ajang Euro bersama Wales.

Pemain berusia 23 tahun ini telah tampil dalam 20 laga untuk negaranya sejauh ini. Ia mencetak debut seniornya pada November 2018 lalu.

Dilansir dari laman Sky Sports, Jumat (11/6), James lebih sering menjadi pemanis di bangku cadangan Manchester United pada musim lalu. Ia hanya mencatatkan 11 penampilan di Liga Primer Inggris, turun jauh dibandingkan 26 laga saat masih memperkuat Swansea City.

Musim lalu pun berakhir dengan kekecewaan karena Manchester United gagal meraih trofi di Liga Europa. Namun James melihat itu sebagai pembelajaran berharga baginya karena kini dia bisa lebih tenang di pertandingan penting.

"Saya pikir terlibat dalam banyak permainan yang menekan jelas membantu. Mereka sudah tenang sekarang, pasti. Sebelum pertandingan Anda memiliki beberapa kekhawatiran, tetapi ini lebih menyenangkan daripada gugup dan segera setelah saya keluar dari lapangan itu saya melupakan semuanya. Jadi saya tak akan mengatakan saya terlalu gugup lagi," kata James.

Baca Juga

Seret Gol di Timnas Wales, Gareth Bale tak Khawatir
Ini Saran Berbatov buat Gareth Bale
Bale Dikabarkan Pensiun Usai Euro 2020

 

James menikmati setiap tekanan yang ada karena telah membuatnya berkembang. Ia mengaku punya target sendiri yakni dengan berkontribusi sebanyak mungkin bagi tim. "Saya ingin mencetak gol dan assist. Jika tidak, saya selalu bekerja keras di lapangan dan berusaha melakukan yang terbaik," kata dia.

Pencapaian Wales lolos ke Euro tentu ingin dijalani oleh James. Meski sempat tertunda akibat pandemi, Euro 2020 menjadi salah satu cara pembuktian James di ajang Eropa ini.

"Kami sudah lama menunggu. Kami telah menunggu satu tahun ekstra untuk sampai di sini dan sekarang kami sangat bersemangat. Hari-hari berlalu begitu cepat dan sekarang semua mata tertuju pada hari Sabtu untuk pertandingan pertama itu," kata James.

James sangat bangga bisa mewakili negaranya. Menurutnya, ada perasaan berbeda ketika dia menggunakan jersey timnas di pertandingan yang dia mainkan. "Saya tidak sabar untuk melakukannya. Saya siap," jelasnya.

Kena Kasus Hukum, Giggs tak akan Pimpin Wales di Euro 2020
Komentar Ibra Sulut Emosi Ryan Giggs
Mourinho Sebut Bale Telah Hancurkan Hambatan Psikologis

 

 
Berita Terpopuler