Ini yang Terjadi Bila tidak Makan Karbohidrat

Banyak orang memilih untuk sangat mengurangi asupan karbohidrat.

www.freepik.com
Banyak orang memilih untuk sangat mengurangi asupan karbohidrat.
Rep: Farah Noersativa Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membentuk tubuh ideal tampaknya terasa mustahil jika kita makan karbohidrat secara sempurna pada piring makan kita. Menurut Harvard Medical School, tidak makan karbohidrat dapat mencegah tubuh mendapatkan semua energi yang dibutuhkan untuk membakar sepanjang hari. Namun, Anda menghadapi semua konsekuensi yang datang dengan keputusan tersebut.

Baca Juga

Banyak orang memilih untuk sangat mengurangi asupan karbohidrat, telah mengalami secara langsung beberapa efek samping yang menyertai keputusan ini. Seperti yang diharapkan, memasukkan lebih sedikit karbohidrat ke dalam tubuh Anda mengurangi tingkat energi Anda sepanjang hari dan menempatkan tubuh Anda ke dalam ketosis, mekanisme utama yang mendorong diet keto, menurut The Mayo Clinic.

Anda dapat mengalami bau mulut, sembelit, sakit kepala, kram, dan banyak lagi ketika Anda memotong semua karbohidrat. Banyak pelaku diet harus menemukan solusi untuk membatasi gejala ini saat mereka menurunkan berat badan.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi ketika kita tidak makan karbohidrat secara teratur? Berikut penjelasan dari para ahli, seperti yang dilansir laman Eat This, Kamis (10/6). 

 

1. Sakit perut dan pencernaan tidak nyaman

Ketika datang untuk menyeimbangkan diet Anda dengan benar, Anda ingin memastikan Anda mendapatkan jumlah serat yang sehat dalam makanan Anda. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology, serat tidak hanya menyediakan makanan yang cukup untuk membuat Anda merasa kenyang sepanjang hari, tetapi juga membantu pencernaan dan membantu menjaga saluran pencernaan Anda.

Diet tanpa karbohidrat sering menghindari kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Artinya, Anda seharusnya tidak mengharapkan untuk mendapatkan tingkat serat yang tepat dalam rencana makan harian Anda.

Akibatnya, tidak makan karbohidrat biasanya berjalan seiring dengan sakit perut dan nyeri karena defisit fubar. Jika Anda benar-benar ingin membatasi asupan karbohidrat Anda, pastikan Anda mengizinkan beberapa sumber makanan yang mengandung kadar serat tinggi untuk menghindari efek samping yang mengejutkan ini.

 

2. Penyakit jantung

Anda mungkin berpikir, mengurangi junk food sarat karbohidrat seperti kentang goreng dan donat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sementara jenis makanan berkalori kosong ini dapat menyebabkan banyak masalah, jangan berharap hidup menjadi lebih mudah tanpa karbohidrat apa pun.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, tanpa karbohidrat dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan aritmia dalam jangka panjang. Selain itu, dapat membatalkan segala jenis efek positif yang diharapkan dari diet tanpa karbohidrat.

Hindari masalah ini dengan istirahat dan memasukkan beberapa karbohidrat ke dalam rencana makan untuk memastikan kita tidak mengalami masalah yang membayangi ini.

 

 

3. Kekurangan kalium

Jika Anda hanya fokus pada pengurangan karbohidrat ketika Anda benar-benar membuang makanan dengan mereka, Anda dapat menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan nutrisi positif lainnya, yaitu potasium. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, penurunan asupan karbohidrat sejalan dengan peningkatan buang air kecil, suatu proses yang menghilangkan nutrisi tertentu dari tubuh.

Kalium menempati peringkat sebagai salah satu mineral utama yang hilang saat Anda mengurangi karbohidrat, dan pelaku diet yang menganut gaya hidup tanpa karbohidrat mungkin secara tidak sengaja menyebabkan masalah jangka panjang untuk diri mereka sendiri. Termasuk masalah tekanan darah dan pembentukan batu ginjal, ketika tidak mendapatkan kalium yang cukup.

 

4. Ketidakseimbangan vitamin

Selain mengeluarkan mikronutrien tertentu, tak memakan karbohidrat sama sekali juga bisa sulit mendapatkan vitamin dan mineral lain. Kecuali Anda makan buah dan sayuran yang sarat dengan karbohidrat.

Menurut sebuah penelitian yang ditemukan di The Journal of the International Society of Sports Nutrition, rencana makan yang sangat membatasi karbohidrat, akan kekurangan kadar vitamin B7, vitamin D, vitamin E, kromium, yodium, dan molibdenum yang tepat. Nutrisi penting ini memastikan fungsi organ dan kesehatan tubuh yang tepat.

Dampaknya bisa ke berbagai masalah, seperti rambut rontok, penambahan berat badan, kehilangan memori, dan banyak lagi. Hindari masalah ini dengan memantau secara ketat makanan apa yang masuk ke tubuh Anda dan pastikan untuk mendapatkan nutrisi penting ini jika Anda ingin makan lebih sedikit karbohidrat.

 

5. Kurang tidur

Ketika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan, Anda secara aktif menempatkan tubuh Anda ke dalam keadaan fungsional baru. Dengan perubahan ini, Anda dapat mengharapkan beberapa efek samping mental di samping perubahan fisiologis.

 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Pediatrics, gaya hidup tanpa karbohidrat pada akhirnya menghasilkan kualitas tidur yang sangat buruk, yang memiliki ikatan kuat dengan fungsi mental yang buruk. Jika Anda perlu tetap tajam untuk pekerjaan atau sekolah Anda, pastikan untuk menyimpan beberapa karbohidrat dalam hidup Anda agar Anda tetap pada jalan utama Anda.

 
Berita Terpopuler