Peningkatan Transaksi Mobile Banking BNI Naik 50 Persen

Kenaikan menunjukkan masyarakat sudah mulai beralih dari layanan fisik ke digital

BNI
PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk mencatat peningkatan transaksi perbankan sebesar 50 persen melalui BNI Mobile Banking. (ilustrasi)
Rep: Novita Intan Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk mencatat peningkatan transaksi perbankan sebesar 50 persen melalui BNI Mobile Banking. Hal ini memperlihatkan adanya kenaikan tingkat kenyamanan masyarakat dalam menggunakan layanan digital.

Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati, mengatakan jika dilihat transaksi Desember 2020, transaksi digital dari nasabah BNI khususnya aplikasi BNI Mobile Banking mengalami peningkatan sebesar 50 persen dari transaksi Desember 2019.

“Kenaikan pengguna mobile banking menunjukkan masyarakat sudah mulai beralih layanan dalam bertransaksi, yakni dari transaksi secara fisik di outlet menjadi ke channel elektronik atau digital,” ujarnya dalam keterangan resmi seperti dikutip Ahad (24/5).

Menurut dia tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking didorong oleh fitur-fitur terbaru seperti Biometric Login, pembukaan rekening secara digital melalui fitur pengenalan wajah, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet, hingga QRIS payment.

“Layanan BNI Mobile Banking juga memiliki fitur yang favorit masa pandemi seperti mobile tunai (pengambilan tunai tanpa kartu) dan Dikado (digital kado) untuk mengirimkan uang ke keluarga di kampung halaman pada hari Raya Idul Fitri,” ucapnya.

Adapun berbagai inovasi fitur ini telah mendapatkan apresiasi dari penggunanya, tercermin dari kenaikan rating aplikasi BNI Mobile Banking pada Android Google Play Store dari 3,6 per Agustus 2020 menjadi 4,9 per April 2021 dan juga IOS Apple Store menjadi 4.4 pada April 2021.

Baca Juga

Terkait transaksi sarana digital, Adi Sulistyowati menyebut saat ini Indonesia memiliki potensi besar dengan pengguna internet sebanyak 274 juta. "Itu merupakan potensi digital luar biasa bagi masyarakat Indonesia. Kami melihat masih sangat banyak yang bisa dikembangkan untuk melayani masyarakat di seluruh Indonesia," katanya.

Maka itu, dia memastikan inovasi akan terus dilakukan dalam peningkatan kenyamanan bertransaksi dan fitur-fitur baru pada platform mobile banking, seperti fitur UMKM, konsolidasi statement, interaktif virtual assistant (Chat me) dan masih banyak lagi fitur baru lainnya.

Saat ini, BNI Mobile Banking mengutamakan kemudahan nasabah untuk bertransaksi langsung melalui smartphone, secara aman, mudah, hemat, dan cepat. BNI juga telah menyediakan hadiah menarik total jutaan rupiah setiap bulan bagi pengguna setia layanan digital.

Layanan BNI Mobile Banking mencakup transaksi informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan telepon, pembayaran kartu kredit, pembayaran tiket pesawat, pembelian pulsa, pembukaan rekening Taplus, pembukaan rekening deposito, dan lain-lain. Para nasabah juga dapat menggunakan layanan transaksi tanpa dikenakan biaya atau gratis untuk cek saldo, transfer antar-BNI, bayar kartu kredit BNI, membayar Infak, Qurban, Wakaf, Zakat, bayar iuran BPJS, pencairan deposito, top up reksadana, bayar pajak, bayar biaya pendidikan hingga top up saldo LinkAja.

 
Berita Terpopuler