Nestapa Muslim Uighur, Sembunyi di Pakistan Kabur dari China

Muslim Uighur bersembunyi di wilayah Pakistan dari penindasan China

Dokrep
Muslim Uighur bersembunyi di wilayah Pakistan dari penindasan China. Muslim Uighur di China
Rep: Idealisa Masyrafina Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD- Umer Mohammed Khan memasuki gedung beton tak mencolok di dekat Islamabad. Di dalam ruangan gelap tersebut sebuah keluarga yang terdiri dari tujuh orang duduk berkumpul bersama berbicara dengan nada berbisik.  

Mereka adalah kaum Uighur, kelompok minoritas Muslim Turki dari China, yang melarikan diri dari negara itu untuk menghindari penganiayaan China.  Mereka bersembunyi di lokasi rahasia. 

Khan adalah seorang guru sekolah yang berubah menjadi aktivis. Di bawah risiko besar bagi dirinya dan keluarganya, dia menjalankan jalur kereta bawah tanah yang memungkinkan orang Uighur seperti Niaz Ghafoor melarikan diri dari China.   

Dalam sepuluh tahun terakhir dia telah membantu puluhan keluarga melarikan diri dari penganiayaan ini. "Jika saya tidak membantu mereka, siapa lagi?" ujar Khan dilansir di Vice, Sabtu (22/5) 

Tetapi situasi di Pakistan memburuk dengan cepat. Pakistan bukan lagi tempat yang aman bagi kelompok minoritas Muslim ini. Di bawah tekanan pemerintah China, polisi Pakistan sekarang mendeportasi kaum Uighur kembali ke China, dan masa depan yang tidak pasti. 

Pihak berwenang Pakistan berada di bawah tekanan besar dari China karena CPEC, China Pakistan Economic Corridor, sebuah proyek ekonomi senilai 62 miliar dolar AS yang terdiri dari banyak pinjaman dari China yang akan digunakan untuk infrastruktur, pembangkit listrik, telekomunikasi, dan sekolah.   

CPEC adalah proyek unggulan dari inisiatif One Belt One Road (OBOR) senilai 8 triliun dolar AS, sebuah imajinasi ulang yang ambisius dari jaringan perdagangan jalur sutra bersejarah yang menghubungkan China ke seluruh Asia, Timur Tengah, Eropa, dan Afrika.   

Meskipun Pakistan adalah satu-satunya negara di dunia yang diciptakan sebagai negara Muslim, janji uang China tampaknya mengalahkan keinginan untuk menghentikan apa yang terjadi pada Muslim Uyghur.   

"Pemerintah Pakistan akan melakukan apapun yang China perintahkan.  Orang Uighur sangat menderita karena CPEC," kata Niaz Ghafoor, pengungsi dari Uighur. 

Berbicara pada 2019, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan dia tidak terbiasa dengan situasi Uighur, meskipun dia menggambarkan China sebagai "angin segar" bagi Pakistan. Pekan ini, kedua negara menandai 70 tahun sejak menjalin hubungan diplomatik. 

Banyak orang Pakistan setuju dengan Imran Khan dan melihat CPEC ...

Banyak orang Pakistan setuju dengan Imran Khan dan melihat CPEC sebagai kemenangan ekonomi yang sangat besar bagi Pakistan. Tetapi beberapa kritikus khawatir CPEC adalah 'diplomasi jebakan hutang' dari China, atau dengan kata lain Pakistan diberi pinjaman yang China tahu tidak akan pernah bisa membayarnya kembali. 

Karena CPEC, Niaz Ghafoor khawatir dia dan keluarganya tidak aman di Pakistan.  Pihak berwenang Pakistan mengancam akan mengirim dia dan keluarganya kembali ke China dimana mereka akan dipisahkan dan dimana Ghafoor, istri dan anak remajanya akan dikirim ke kamp.  

Umer Khan mencoba menemukan tempat berlindung yang aman bagi mereka di negara lain seperti Turki atau bahkan Afghanistan. Tetapi China telah membuat proses imigrasi hampir tidak mungkin bagi orang Uighur dengan paspor China, dengan menyita atau tidak memperbarui dokumen perjalanan mereka. Khan memohon bantuan PBB.  

Pihak berwenang Pakistan juga mulai mengumpulkan data biometrik tentang semua orang Uighur yang tinggal di Pakistan. Khan memegang dokumen yang dibagikan kepada rumah tangga di Islamabad, kuesioner menanyakan tentang afiliasi agama dan sejarah keluarga.  

"Bagi kami ini lebih berbahaya daripada peluru atau bom. Mereka ingin melihat berapa banyak 'Uighur asli' yang ada dan dapat dikeluarkan dari Pakistan," kata Khan.

Lijian Zhao, Wakil Kepala Misi di Kedutaan Besar China di Islamabad, percaya Khan dan orang Uighur lainnya di Pakistan adalah bagian dari Gerakan Islam Turkestan Timur (ETIM), sebuah kelompok separatis yang bertanggung jawab atas beberapa serangan kekerasan di China seperti serangan tahun 2005 di Urumqi, di wilayah Xinjiang.

"Gerakan Islam Turkestan Timur adalah organisasi teroris yang diakui Dewan Keamanan PBB. Agenda utama mereka adalah memisahkan Xinjiang dari China." kata Zhao.

Pada 2015 di bawah tekanan China, polisi Pakistan masuk ke sekolah bahasa Uighur milik Khan di Islamabad dan menghancurkan komputer, buku teks, dan bahan pengajaran lainnya senilai ribuan dolar. 

Pada tahun yang sama polisi memasuki rumah Khan mencarinya. Dia sedang keluar pada saat itu, sehingga mereka menangkap ayahnya yang sudah tua.  Mereka mendorongnya ke tanah dan memukulinya.

Ayahnya meninggal tak lama setelah itu, menurut Khan, trauma peristiwa ini menjadi penyumbang kematiannya. Sejak kejadian ini Khan telah ditangkap dan dipukuli berkali-kali oleh pihak berwenang Pakistan. 

"Anggota keluarga saya mendatangi saya dan memohon saya untuk menghentikan pekerjaan ini. Tetapi saya tidak bisa. Membantu orang adalah panggilan hidup saya dan saya harus melanjutkan." kata Khan. 

Khan tidak sendirian dalam perjuangannya melawan China. Balochistan Liberation Army (BLA), kelompok separatis yang berjuang untuk kemerdekaan dari Pakistan, melakukan serangkaian serangan kekerasan terhadap target terkait CPEC dalam beberapa tahun terakhir.  

Menurut mereka, proyek One Belt One Road semata-mata untuk memperkuat hegemoni militer China di kawasan.  

Taliban dan ISIS juga berperan dalam penculikan dan pembunuhan imigran China di Pakistan. 

Dalam beberapa bulan terakhir proyek CPEC mulai meningkat kembali.  Akibatnya, otoritas Pakistan baru-baru ini meningkatkan pengawasan dan pelecehan terhadap Khan dan keluarganya.

Sementara Khan bersumpah untuk terus memperjuangkan hak-hak Uighur dan terus membantu keluarga Uighur yang teraniaya di Pakistan seperti keluarga Ghafoor, saat ini Khan terpaksa bersembunyi. "Kami takut Pakistan akan menjadi koloni China pada akhirnya. China akan mengatakan 'CPEC milik kami'." kata Khan.

 

Sumber: vice

 
Berita Terpopuler