Israel akan Bagikan Vaksin Covid-19 ke Palestina

Israel juga membagikan vaksin ke sejumlah negara lain.

AP/Sebastian Scheiner
Seorang warga Israel menerima vaksin virus corona dari staf medis di pusat vaksinasi COVID-19 di Tel Aviv, Israel, Rabu, 6 Januari 2021.
Rep: Rizky Jaramaya Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Israel akan memberikan sebagian kecil vaksin Covid-19 ke wilayah yang dikelola Palestina serta ke beberapa negara. Israel telah mengimpor vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna Inc. Israel memberikan setidaknya satu dosis Pfizer ke hampir 50 persen penduduk dari total 9 juta populasi.

Baca Juga

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tidak menyebutkan negara mana saja yang akan mendapatkan kiriman vaksin dari Israel. Tetapi pemerintah Guatemala mengatakan, pihaknya dapat menerima sekitar 5.000 dosis vaksin dari Israel pada Kamis (25/2). Diketahui, Guatemala telah membuka kedutaan besar di Yerusalem pada tahun lalu. 

Pemerintah Honduras juga menyatakan pihaknya dapat menerima sekitar 5.000 dosis vaksin dari Israel. Juru bicara pemerintah Carlos Madero mengatakan, pesawat Angkatan Udara Honduras berada di Israel untuk mengangkut vaksin tersebut. Vaksin ini nantinya akan diberikan kepada petugas kesehatan yang rentan terpapar virus korona. Tahun lalu, Honduras mengisyaratkan niatnya untuk memindahkan kedutaan besarnya di Israel ke Yerusalem.

Baca juga : Pihak Hotel Jadi Tersangka Pembuangan Limbah Medis di Tenjo

 

Sedangkan, Republik Ceko telah menerima pengiriman vaksin Covid-19 dari Israel. Pada Desember, Ceko berencana membuka kedutaan besar di Yerusalem sebagai upaya untuk mempererat hubungan diplomatik. Menteri Luar Negeri Ceko Tomas Petricek mengatakan, pihaknya telah menerima beberapa ribu dosis vaksin Covid-19 Moderna dari Israel.

Palestina telah menerima pengiriman awal dosis vaksin Covid-19 Moderna dari Israel. Pengiriman tersebut membantu program vaksinasi terbatas di Tepi Barat dan Gaza yang diduduki Israel. Selain itu, Israel juga telah melakukan vaksinasi kepada warga Palestina di Yerusalem Timur. Namun, Israel mendapatkan kecaman asing karena tidak memperluas kampanye vaksinasi ke wilayah Palestina lainnya.

 
Berita Terpopuler