Bill Gates: Atasi Pandemi Lebih Mudah dari Perubahan Iklim

Gates berfokus untuk membantu manusia mengatasi perubahan iklim.

Bill Gates

Bill Gates

Rep: Idealisa Masyrafina Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pendiri Microsoft Bill gates menuturkan mengatasi pandemi lebih mudah dibandinglan mengatasi peribahan iklim. Menurut dia, memecahkan perubahan iklim akan menjadi hal paling menakjubkan yang pernah dilakukan umat manusia.

"Sebagai perbandingan, mengakhiri pandemi itu sangat, sangat mudah," klaimnya, dilansir di BBC, Senin (15/2).

Buku baru Bill Gates, How to Avoid a Climate Disaster adalah panduan untuk mengatasi pemanasan global. Menurut Gates, jangan meremehkan skala tantangan pemanasan global.

Baca Juga

Lima puluh satu miliar adalah berapa ton gas rumah kaca yang biasanya ditambahkan oleh dunia ke atmosfer setiap tahun. Nol adalah posisi yang harus dunia tuju. Fokus Gates adalah pada bagaimana teknologi dapat membantu kita melakukan perjalanan itu.

Sumber terbarukan seperti angin dan matahari dapat membantu mengurangi karbonisasi listrik. Namun, seperti yang ditunjukkan oleh Gates, itu kurang dari 30 persen dari total emisi.

Manusia juga harus menghilangkan karbon dari 70 persen ekonomi dunia lainnya, baja, semen, sistem transportasi, produksi pupuk dan banyak lagi. Lalu bagaimana mengatasinya?

 

Menurut Gares, tidak ada cara untuk melakukan itu saat ini untuk banyak sektor ini. Dia berpendapat bahwa hal ini harus dimulai dengan pemerintah. Saat ini, sistem ekonomi tidak memperhitungkan biaya riil penggunaan bahan bakar fosil.

Sebagian besar pengguna tidak membayar apapun atas kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh polusi dari bensin di mobil mereka atau batu bara atau gas yang menghasilkan listrik di rumah mereka.

"Saat ini, Anda tidak melihat rasa sakit yang Anda timbulkan saat Anda mengeluarkan karbon dioksida," kata Gates.

Itulah mengapa dia mengatakan pemerintah harus turun tangan. "Kita perlu memiliki sinyal harga untuk memberi tahu sektor swasta bahwa kami menginginkan produk ramah lingkungan," katanya.

Hal itu akan membutuhkan investasi besar oleh pemerintah dalam penelitian dan pengembangan, kata Gates, serta dukungan untuk memungkinkan pasar produk dan teknologi baru tumbuh, sehingga membantu menurunkan harga.

Gates mengatakan bahwa dia selalu mendukung peran dasar pemerintah dalam hal jalan dan keadilan serta pendidikan dan penelitian ilmiah.

Mengenai masalah iklim, dia berpendapat tidak mungkin menghindari bencana, terutama bagi mereka yang tinggal di dekat khatulistiwa, tanpa pemerintah di seluruh dunia mendukung upaya tersebut.

Selain itu, Gates menilai bahwa Partai Republik di Amerika perlu menyadari pentingnya menangani perubahan iklim.

"Ini perlu menjadi dorongan selama 30 tahun yang konstan. Bisnis tidak bisa mengubah semua infrastruktur fisik kecuali sinyal pasar konstan dan sangat jelas." kata Gates.

 
Berita Terpopuler