Kalahkan Liverpool, Leicester Tempel Manchester City

Leicester City kalahkan Liverpool 3-1.

Paul Ellis/Pool Photo via AP
Gelandang Leicester, James Madison mencetak gol ke gawang Liverpool.
Rep: Afrizal Roshikul Ilmi Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Leicester City mengalahkan juara bertahan Liverpool 3-1 pada lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-24 di Stadion King Power, Sabtu (13/2). Liverpool unggul lebih dulu melalui gol Mohamed Salah (67). Leicester membalas melalui gol James Madison (78), James Vardy (81) dan Harvey Barnes (85).

Baca Juga

Dengan tambahan tiga Poin, Leicester menggeser posisi Manchester United di posisi kedua dengan 46 poin dari 24 laga atau unggul satu poin dengan MU di peringkat ketiga. The Foxes selisih empat poin dari pemuncak klasemen, Manchester City. Sedangkan, Liverpool melorot ke peringkat keempat dengan 40 poin.

Liverpool tanpa ragu langsung meemberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan tuan rumah sejak kick off. The Reds mendapat tendangan sudut di menit pertama saat umpan Robertson ditahan keluar garis oleh Soyuncu.

Semenit kemudian, tuan rumah melalui Maddison mencoba melakukan upaya spekulatif dari garis tengah setelah Leicester membersihkan tendangan sudut Liverpool. Namun, Alisson dalam keadaan waspada dan berhasil mengamankan bola.

Di menit ke-3, Alexander-Arnold mengangkat bola untuk Mane dan penyerang berada di belakang pertahanan Leicester. Dia mencoba untuk melepaskan ke arah Salah, tetapi Soyuncu datang untuk menghentikannya dan Liverpool kembali menerima sepak pojok.

Selanjutnya giliran bek Liverpool, Henderson yang beraksi ketika ia membaca bahaya di bagian belakang untuk menghentikan umpan dari Ndidi yang ditujukan ke Vardy. Penyerang akan melewati gawang jika bukan karena kapten Liverpool itu.

Di menit ke-6 peluang datang dari Liverpool saat Mane berlari ke arah pertahanan Leicester dan memberikan umpan ke sisi dalam kanan untuk Salah. Namun penyerang Mesir itu gagal memaksimalkan peluang ketika mendapat gangguan dari Soyuncu dan menghilangkan bahaya.

 

 

Liverpool kembali memberikan ancaman di menit ke-10, Henderson mengangkat bola kepada Salah di belakang pertahanan Leicester. Dia mengambil bola dengan tenang, tapi tidak bisa melepaskan tendangannya di bawah tekanan Ricardo.

 

Dari kubu Leicester, Barnes memberikan umpan jauh melewati pertahanan Liverpool dan Vardy yang berhasil mengejar bola dari sisi kiri langsung melepaskan tembakan ke gawang, namun bola hanya melintas di atas mistar gawang.

 

Di menit ke-17, Salah mengunci tendangan sudut Alexander-Arnold dengan tendangan setengah voli dari kaki kirinya ke arah gawang, tetapi usahanya melebar dari tiang kanan. Meski selalu gagal, Salah terus memberikam ancaman ke gawang Leicester.

Di menit ke-20, ia menerobos pertahanan Leicester di sayap kanan dan ia memotong bola melewati pertahanan dan menjauhi Schmeichel. Amartey bereaksi di tengah dan melakukan hal tepat untuk menggagalkan upaya Mane.

Lima menit berselang, Salah memberikan umpan kepada Firmino dari sisi kanan, tetapi pemain Brasil itu digagalkan oleh Evans dan Schmeichel memblokir sepakannya dari sudut sempit.

Di menit ke-27, Schmeichel melakukan penyelamatan luar biasa untuk menggagalkan upaya Firmino dari jarak dekat. Adapun upaya serangan balasan dari Leicester baru tercipta di menit ke-29 saat Vardy berhadapan dengan Henderson dan mencoba mengoper ke arah Maddison tapi upaya itu dihentikan oleh Jones.

Tiga menit berselang, peluang kembali dimiliki Leicester saat Ndidi menyambut umpan sepak pojok dari Maddison di tiang dekat, tapi dia tidak bisa mengarahkan sundulannya tepat sasaran di tengah tekanan dari Henderson. Bola melebar di sisi gawang.

Leicester mulai menciptakan banyak peluang emas mereka. Di menit ke-36 Ricardo mengirim umpan pada Barnes di sayap kiri dan dia membuka ruang untuk umpan silang ke dalam kotak. Vardy lolos di antara Henderson dan Kabak, ia langsung mengarahkan sundulan ke gawang, namun terlalu lemah dan dengan mudah diamankan oleh Alisson.

 

 

Tuan rumah kembali mengancam di menit ke-42, Maddison mengirimkan bola kepada Vardy. Penyerang itu masuk ke dalam kotak dan melepaskan tembakan ke gawang, tapi usahanya hanya membentur mistar.

Vardy melakukan umpan lambung yang gagal disingkirkan Henderson. Dia mencoba untuk menusuk untuk pertama kalinya melewati Alisson, tetapi penjaga gawang bisa menghentikan dengan kakinya. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, Liverpool memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Leicester. Tapi, Jones yang berada di tepi kotak 16 kesulitan untuk mengalirkan bola ke kawannya dan berhasil dihentikan oleh Maddison.

Leicester justru mendapat peluang saat Alexander-Arnold terpaksa melanggar Barnes untuk mencegahnya mengunci bola dari atas. Leicester dianugerahi tendangan bebas di posisi yang menguntungkan. Tapi tendangan bebas Maddison langsung masuk ke tangan Alisson.

Di menit ke-57, Liverpool hampir membuka angka saat tendangan keras Alexander-Arnold hanya membentur mistar gawang. Empat menit berselang, Firmino bangkit untuk tendangan sudut dari Alexander-Arnold dari sayap kiri. Namun, tendangan pemain Brasil itu masih melebar.

Liverpool akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-67 melalui gol Salah yang menyelesaikan assist manis dengan backheel dari Firmino di bagian tengah kotak 16. Salah menyelesaikannya dengan tendangan kaki kiri. Liverpool pun unggul 1-0.

 

 

Di menit ke-77, Leicester mendapatkan hadiah tendangan bebas di tepi kotak penalti saat Thiago mengayunkan kakinya dan menjatuhkan Barnes. Maddison berhasil menceploskan bola ke gawang dengan tendangan bebasnya. Gol tersebut sempat diragukan, tapi VAR menilai Amartey on-side.

Tanpa butuh waktu lama, Leicester berhasil membalikkan keadaan saat Vardy memanfaatkan miss-komunikasi antara Alisson dengan Kabak yang berebut umpan jauh dari pemain Leicester. Vardy dengan mudah membobol gawang Liverpool yang sudah ditinggalkan Alisson. Skor berubah menjadi 2-1 untuk Leicester.

Di menit ke-85, Leicester berhasil menambah keunggulan mereka saat pemain belakang Liverpool terlalu jauh meninggalkan posisi mereka. Ndidi yang menyadarinya langsung memberikan umpan terobosan kepada Barnes yang lolos dari penjagaan Kabak. Barnes pun membawa Leicester unggul 3-1.

Susunan pemain kedua tim:

Leicester City (3-4-3):

Kasper Schmeichel; Daniel Amartey, Jonny Evans, Caglar Soyuncu; Ricardo Pereira, Youri Tielemans, Wilfred Ndidi, Marc Albrighton; James Maddison, Harvey Barnes, Jamie Vardy.

 Liverpool (4-3-3): 

Alisson; Trent Alexander-Arnold, Ozan Kabak, Jordan Henderson, Andrew Robertson; James Milner, Georginio Wijnaldum, Curtis Jones; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane. 

 

 

 
Berita Terpopuler