Mural Kaligrafi 33 Meter Tambah Keindahan Makkah

Mural ini dirancang dengan menggunakan seni kaligrafi Arab modern.

arab news
Mural Kaligrafi 33 Meter Tambah Keindahan Makkah. Mural kaligrafi sepanjang 33 meter dikerjakan 15 pelukis Arab Saudi di Makkah. Mural tersebut selesai setelah memakan waktu lebih dari 70 jam.
Rep: Zahrotul Oktaviani Red: Ani Nursalikah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Sebuah komunitas seniman di Makkah berkumpul dan berusaha menambahkan lebih banyak sentuhan seni ke kota multikultural Makkah. Mereka membentuk mural sepanjang 33 meter.

Baca Juga

Mural ini diselenggarakan melalui partisipasi masyarakat dengan Vision Pioneers Group, bekerja sama dengan Thawan Specialized Contracting. Tujuan kerja sama ini untuk menambah sentuhan estetika pada jembatan Al-Awali, yang menghubungkan Makkah dengan Taif Al-Hada.

Dilansir di Arab News, Senin (8/1), selama lebih dari 14 hari, 15 pelukis Saudi bekerja membuat gambar yang indah. Mural tersebut selesai setelah memakan waktu lebih dari 70 jam.

Mural ini dirancang dengan menggunakan seni kaligrafi Arab modern, Kaligrafi Sunbuli. Jenis ini dibuat pada awal 1900-an oleh kaligrafer Turki, Arif Hikmat, dan diadaptasi dari kaligrafi gaya Diwani.

 

Naskah Diwani pernah digunakan oleh kaisar Kesultanan Utsmaniyah, dimana huruf-hurufnya mengalir dengan lancar dan harmonis. Sunbuli membuat perubahan kecil dengan memberikan kesan runcing yang kuat pada tepi huruf-hurufnya.

Inisiatif mural ini untuk memperindah lanskap di kawasan tersebut, serta menghiasi jalan dan jembatan. Tak hanya itu, pekerja seni ini berencana menghidupkan kembali seni dan lukisan yang memiliki makna tertentu di tempat umum.

Kepala manajemen kecantikan dan humanisasi Kotamadya Makkah, Mousa bin Suleiman Al-Sohbi, mengatakan inisiatif itu datang dari Walik Kota Makkah, Mohammed bin Abdullah Al-Quwaihes. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari imbauan Wakil Menteri untuk Konstruksi dan Pemeliharaan Saudi, Zuhair bin Abdulrahman Saqat dan Direktur Taman dan Kecantikan, Hani bin Hashem Nasiri.

Ketua Vision Pioneers Group Rayyan bin Wasfi Maqlan, mengatakan inisiatif sukarela itu bertujuan memperbaiki pemandangan perkotaan di Kota Suci menjadi lebih artistik dengan bantuan pemuda Saudi. "Inisiatif ini juga untuk menjelaskan bakat para peserta muda dan mendorong rasa tanggung jawab sosial mereka," kata dia. 

 

https://www.arabnews.com/node/1805536/saudi-arabia

 
Berita Terpopuler