Bantah Berbuat Rasis, Abu Janda: Saya Membela Pak Jenderal

Abu Janda mengaku hanya membela AM Hendropriyono yang diserang oleh Natalius Pigai.

Republika/Thoudy Badai
Permadi Arya alias Abu Janda
Rep: Ali Mansur Red: Bayu Hermawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda membantah telah melakukan tindakan rasisme terhadap tokoh asal Papua, Natalius Pigai. Abu Janda menjelaskan cuitannya adalah untuk membela mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono yang disebut dihina oleh Natalius Pigai.

Baca Juga

"Ketika saya bikin tweet itu dalam konteks saya membela Pak Jenderal, menjelaskan kapasitas Pak Jenderal. Jadi ketika saya pakai kata evolusi sebelum kata evolusi ada kata kapasitas jadi saya dalam konteks menanyakan Natalius Pigai "Sudah selesai belum kapasitas berpikir kau?" tegas Abu Janda saat ditemui di Gedung Awaloedin Djamin Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/2).

Saat ditanya apa hubungan dirinya dengan AM Hendropriyono, Abu Janda mengaku tidak kenal dekat secara pribadi dengan mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tersebut. Namun ia mengaku pernah bertemu dengan AM Hendropriyono lebih dari sekali di acara PKPI. Tak hanya itu, Abu Janda mengaku sangat mengagumi AM Hendropriyono. 

"Makanya aku bereaktif terhadap hinaan Natalius Pigai Kepada Pak Jenderal (AM Hendropriyono), itu karena itu karena saya kagum kepada beliau," ungkapnya.

 

Pemanggilan pemeriksaan terhadap Abu Janda pada hari ini, terkait cuitannya di akun Twitternya @permadiaktivis1 tentang evolusi yang diduga menghina Natalius Pigai. Laporan tersebut berdasarkan pada LP/B/0052/I/Bareskrim tertanggal 28 Januari 2021 lalu.

Kasus dugaan ujaran kebencian itu berawal ketika Natalius Pigai terlibat argumentasi dengan eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono. Namun pada tanggal 2 Januari 2021 lalu, Abu Janda lewat akun Twitter @permadiaktivis1 membela Hendropriyono. Namun dalam Abu Janda melontarkan pertanyaan terkait kapasitas Natalius berdebat dengan Hendropriyono.

"Kapasitas Jenderal Hendropriyono: Mantan Kepala BIN, Mantan Direktur Bais, Mantan Menteri Transmigrasi, Profesor Filsafat Ilmu Intelijen, Berjasa di Berbagai Operasi militer. Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belum kau?," cuit Abu Janda beberapa waktu lalu. 

 

 
Berita Terpopuler