Janet Yellen Perempuan Pertama Pimpin Departemen Keuangan AS

Sejauh ini ada tiga anggota Kabinet Joe Biden yang telah dikonfirmasi oleh Senat

AP PHOTO
Janet Yellen
Red: Nur Aini

 

Baca Juga

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senat pada Senin (25/1) mengukuhkan Janet Yellen sebagai menteri keuangan wanita pertama dalam sejarah AS, menjadi anggota kabinet selanjutnya yang mendapatkan lampu hijau dari anggota parlemen.

Yellen, yang telah berjanji untuk fokus menghidupkan kembali ekonomi Amerika yang dilanda pandemi, dikonfirmasi dengan perolehan suara 84-15.

"Fokusnya sekarang adalah memberikan bantuan dan membantu keluarga mempertahankan atap di atas kepala mereka dan makanan di atas meja dan tidak menaikkan pajak," kata Yellen pekan lalu dalam audiensi konfirmasi Senat.

"Saya pikir kita perlu melewati masa-masa kelam ini sebelum program vaksinasi memungkinkan kita untuk hidup kembali seperti yang kita tahu," tambah dia.

 

Yellen menjadi anggota kabinet ketiga yang dikonfirmasi oleh Senat setelah anggota parlemen menyetujui Avril Haines sebagai Direktur Intelijen Nasional dan Lloyd Austin sebagai Menteri Pertahanan.

"Di Departemen Keuangan, ada lorong-lorong panjang di mana potret semua 77 Menteri Keuangan, yang semuanya laki-laki, dimulai dari Alexander Hamilton. Saya senang memilih Janet Yellen hari ini dan menambahkan potret pertama seorang wanita ke lorong itu," kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer di Twitter.

Yellen, 74, juga merupakan wanita pertama yang memimpin Federal Reserve (Bank Sentral AS) dan Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih.

 
Berita Terpopuler