15 Nama-Nama Surga yang Diabadikan dalam Alquran

Alquran mengabadikan beberapa nama surga

Pixabay
Alquran mengabadikan beberapa nama surga. Ilustrasi Surga
Rep: Umar Mukhtar Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surga memiliki sejumlah nama yang disebutkan dalam Alquran. Beberapa di antaranya yang mungkin sangat kita kenal adalah Surga Firdaus. Namun apakah hanya itu? Atau apakah ada nama-nama surga yang lain?

Baca Juga

Dilansir dari laman Mawdoo, nama surga pertama adalah Surga itu sendiri. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nahl Ayat 32. Nama ini memang telah umum digunakan dan menjadi salah satu jenis kebahagiaan atau kenikmatan.

الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ  “(yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun'alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan.” 

1. Jannah. Nama surga ini berasal dari huruf jim dan nun, bermakna tertutup dan tersembunyi. Kata ini dalam bahasa Arab memang sudah umum digunakan untuk mengacu pada surga, yang artinya yaitu kebun yang di dalamnya terdapat banyak pepohonan dan kurma  

2. Darul Khuldi. Disebut demikian karena memiliki keabadian yang kekal di mana tidak ada kematian di dalamnya. Istilah ini muncul sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat Qaf ayat 34: 

ادْخُلُوهَا بِسَلَامٍ ۖ ذَٰلِكَ يَوْمُ الْخُلُودِ "Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan."

3. Jannatul Ma'wa. Nama ini memiliki arti sebagai tempat berlindung. Jika ada di dalam tempat tersebut maka akan terlindungi dan menjadi tempat tinggal selamanya. Allah SWT berfirman: عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَىٰ "Di dekatnya ada surga tempat tinggal." (QS An-Najm: 15). 

 

4. Surga 'Adn, yang berarti tempat tinggal permanen. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT: 

جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدَ الرَّحْمَٰنُ عِبَادَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّهُ كَانَ وَعْدُهُ مَأْتِيًّا  "Yaitu Surga 'Adn yang telah dijanjikan Tuhan Yang Mahapemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati." (QS Maryam: 61).

5. Surga Na'im. Disebut dengan nama ini karena keberkahan yang dikandungnya, dan apa yang diinginkan oleh jiwa-jiwa yang mengharapkan makanan, minuman, pakaian, penampilan yang baik dan tempat tinggal yang luas. Nama tersebut meliputi kebahagiaan lahir dan batin. Nama ini muncul pada surat Lukman Ayat 8: 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ  “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,”

6. Darul Qarar, yang berarti tempat yang kekal. Allah SWT berfirman: 

يَا قَوْمِ إِنَّمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَإِنَّ الْآخِرَةَ هِيَ دَارُ الْقَرَارِ  "Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal." (QS  Ghafir: 39)  

 

7. Darul Muttaqin, adalah surga yang menjadi hadiah bagi orang-orang yang bertakwa pada Allah SWT dengan menjauhkan dirinya dari perbuatan antara lain syirik dan munafik. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT pada Surat An-Nahl ayat 30: 

لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۚ وَلَدَارُ الْآخِرَةِ خَيْرٌ ۚ وَلَنِعْمَ دَارُ الْمُتَّقِينَ “Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa.”

8. Firdaus. Surga Firdaus adalah nama yang diberikan untuk semua surga dan disebut sebagai Surga yang terbaik dan tertinggi. Asal-usul kata surga mengacu pada taman, dan Firdaus ditujukan kepada orang-orang beriman monoteistik. Allah SWT berfirman: 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal." (QS Al-Kahfi: 107)

9. Al-Husna. Al-Hasan adalah surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT: 

 لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (kenikmatan melihat Allah). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) dalam kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya." (QS Yunus: 26)

10. Darussalam. Ini adalah tempat tinggal keabadian dan tempat suci yang kekal. Allah SWT berfirman: 

وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَىٰ دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ "Dan Allah menyeru (manusia) ke Darus-salam (surga), dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus (Islam)." (QS Yunus: 25) 

 

11. Darul Muqomah. Nama ini berarti tempat yang kekal dan abadi. Allah SWT berfirman: 

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ "Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu." (QS Fathir: 35)

12. Al-Maqoom Al-Amin. Nama ini mengacu pada tempat yang aman sehingga setiap orang yang ada di dalamnya terhindar dari kemalangan dan marabahaya. Hal ini seperti dalam surat Ad-Dukhan ayat 51: 

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ “ Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.”  

13. Al-Ghurfah. Maksud dari tempat hunian tertinggi di Surga adalah pahala bagi orang-orang beriman atas kesabaran mereka. Allah SWT berfirman: 

أُولَٰئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَامًا "Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” (QS Al-Furqan: 75).

14. Maq'adi Sidqi. Hal ini mengacu sebagaimana firman Allah SWT:  

فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ "Di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa." (QS Al-Qomar: 55)

15. Darul Hayawan, yang berarti tempat tinggal kehidupan yang kekal di mana tidak ada kematian. Allah SWT berfirman:  

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ "Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui." (QS Al-Ankabut: 64)

 

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%85%D8%A7_%D9%87%D9%8A_%D8%A3%D8%B3%D9%85%D8%A7%D8%A1_%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%86%D8%A9#cite_note-Gqyv4tDt69-22  

 
Berita Terpopuler