Top 5 News: Jokowi Divaksin, Nussa-Rara Dituding Radikal

Negara dengan Pertumbuhan Muslim Tercepat, Ada Israel

@jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani suntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac.
Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo disuntik vaksin. Penyuntikan vaksin Covid-19 yang disiarkan langsung itu menyita perhatian rakyat Indonesia. Pasalnya, presiden menjadi orang pertama yang disuntikan vaksin.

Kabar Presiden Jokowi divaksin menembus daftar top 5 news Republika.co.id, Rabu (13/1). Ada juga kabar dari Nussa dan Rara yang dituding radikal dan intoleran. KPAI memberikan pandangannya terhadap tudingan film animasi Islam tersebut.

Berikut lima berita terpopuler selama 24 jam pada Rabu, 13 Januari 2020:

1. Negara dengan Pertumbuhan Muslim Tercepat, Ada Israel

JAKARTA – Populasi Muslim dunia tumbuh baik dalam jumlah absolut maupun secara relatif sebagai bagian dari semua orang di dunia.

Forum Religion & Public Life Pew Research Center telah membuat laporan tentang pertumbuhan muslim tercepat di berbagai belahan dunia.

Laporan tersebut berupaya untuk memberikan perkiraan terkini tentang jumlah Muslim di seluruh dunia pada tahun 2010 dan untuk memproyeksikan pertumbuhan populasi Muslim dari 2010 hingga 2030.

Jumlah Muslim diperkirakan akan meningkat sekitar 35 persen dalam dua dekade mendatang, meningkat secara absolut dari 1,6 miliar menjadi sekitar 2,2 miliar orang pada 2030. 

Di Eropa misalnya, ada beberapa negara yang telah memiliki populasi muslim selama berabad-abad, dimana pertumbuhan mereka tidak didorong oleh pendatang baru tetapi oleh populasi tradisional yang telah ada selama berabad-abad, seperti di Rusia, Kosovo dan Albania.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Reaksi KPAI Ketika Film Nussa Dituduh Radikal dan Intoleran

JAKARTA -- Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti turut buka suara perihal film animasi Nussa, yang sempat mengalami tudingan memuat konten radikal dan intoleran. Menurut Retno, dalam cuplikan trailer Film Nussa tidak ada hal seperti yang dituduhkan.

"Kalau melihat trailernya sih tidak ada ucapan atau kata-kata dalam dialog yang mengarah pada mengajarkan radikalisasi maupun anti keberagaman," kata Retno, Selasa (12/1).

Barangkali, ujarnya, isu keberagaman yang dinilai pihak kontra dari segi pakaian pemeran utamanya yang menggunakan gamis dan adiknya yang mengenakan jilbab. Serta teman sekolah dan ibu Nussa yang juga menggunakan kerudung.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Dokter yang Menyuntik Jokowi adalah Habib Marga Al-Jufri

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama di negeri ini yang disuntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac buatan Cina. Adapun orang yang menyuntik RI 1 adalah Wakil Ketua Dokter Kepresidenan, Prof Abdul Muthalib.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut memiliki nama lengkap Habib Abdul Muthalib Al-Jufri. Abdul Muthalib tercatat sebagai anggota Rabithah Alawiyah. Rabithah merupakan ormas Islam yang mencatat nasab WNI keturunan Arab, yang merupakan keturunan langsung Nabi Muhammad SAW.

Saat usai menunaikan tugasnya, Abdul Muthalib berdiskusi dengan Jokowi.

“Bagaimana Pak? Sakit?” tanya Abdul Muthalib setelah menyuntik Jokowi dengan vaksin Sinovac,

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Mengapa Kapolsek Sukadi Malah Dicopot Usai Segel Waterboom?

Waterboom Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi disegel oleh petugas gabungan dari kepolisian, Forkopimda, Kodim, dan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Senin (11/1). Penyegelan terjadi menyusul beredarnya video viral kerumunan warga di wahana rekreasi air itu pada Ahad (10/1).

"Iya, kemarin sudah dibubarkan aparat keamanan. Manajemen diperiksa di Polsek Ciksel (Cikarang Selatan)," kata Alamsyah Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, saat dihubungi wartawan, Senin (11/1).

Menurut Alamsyah, peristiwa kerumunan warga yang terjadi di Waterboom Lippo Cikarang merupakan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Pihaknya mengambil tindakan untuk menutup tempat tersebut.

Penyegelan ditindaklanjuti Polsek Cikarang Selatan dengan memeriksa manajemen Waterboom Lippo Cikarang. Kapolsek Cikarang Selatan, Kompol Sukadi, mengatakan, terdapat dua orang dari manajemen Waterboom Lippo Cikarang yang diperiksa terkait dengan dugaan pelanggaran Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang mengatur tentang sanksi pelanggaran kekarantinaan.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. DKPP Berhentikan Arief Budiman dari Jabatan Ketua KPU

JAKARTA -- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan memberhentikan Arief Budiman dari jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hal disampaikan dalam sidang pembacaan putusan perkara nomor 123-PKE-DKPP/X/2020 pada Rabu (13/1).

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir dan pemberhentian dari jabatan Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia kepada teradu Arief Budiman sejak putusan ini dibacakan," ujar Ketua DKPP Muhammad dalam sidang pembacaan putusan secara daring, Rabu.

Kemudian, DKPP memerintahkan KPU RI melaksanakan putusan tersebut paling lama tujuh hari. DKPP juga meminta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI mengawasi pelaksanaan putusan itu.

Perkara ini terkait pengaktifan kembali Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik pascaputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang mengabulkan gugatannya. Sehingga, dikeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 83/P Tahun 2020 yang mencabut Keppres pemberhentian Evi sebelumnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

BONUS 6. GP Ansor Tanggapi Pengajuan Komjen Listyo Sigit oleh Jokowi

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) baru. Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menilai, pengajuan nama Komjen Listyo Sigit ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) tersebut sudah sangat tepat karena kariernya di kepolisian sangat membanggakan.

Tak hanya itu, selama menjabat beragam posisi strategis hingga yang terakhir diemban saat ini yakni Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Komjen Listyo juga mampu menorehkan prestasi yang gemilang. Selain prestasi, nama Komjen Listyo Sigit juga bersih.

Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusar GP Ansor Moh Haerul Amri mengatakan, pengajuan Komjen Listyo ini menunjukkan bahwa dalam memilih orang yang akan dipercaya menjadi sosok nomor satu di kepolisian, Presiden Jokowi menggunakan aspek profesionalitas dan kinerja sebagai basis utamanya.

Baca berita selengkapnya di sini.

 
Berita Terpopuler