Eto'o: Ansu Fatih Bakal Jadi Pengganti Messi

Performa Fati dalam musim debutnya memperkuat tim utama Barcelona tidak terlalu menge

EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Ansu Fati
Rep: Reja Irfa Widodo Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,   BARCELONA -- Mantan striker Barcelona, Samuel Eto'o, menyebut satu nama penggawa Barcelona saat ini yang memiliki potensi besar untuk menjadi pengganti sosok Lionel Messi di skuat Blaugrana pada masa mendatang. Nama pemain tersebut adalah winger berkebangsaan Spanyol, Ansu Fati.

Baca Juga

Jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, tersebut membetot perhatian publik sepak bola Eropa saat dipromosikan ke tim utama Barcelona pada awal musim lalu. Pada saat itu, Fati baru berusia 16 tahun dan tercatat belum pernah sekalipun tampil buat tim Barcelona B. Namun, pelatih Barca saat itu, Ernesto Valverde, langsung memberikannya kesempatan tampil di tim utama Barca.

Performa Fati dalam musim debutnya memperkuat tim utama Barcelona tidak terlalu mengecewakan. Pemain kelahiran Guinea-Bissau itu mencetak delapan gol dan satu assist dari 33 penampilan di semua ajang. Performa impresif itu pun bisa dilanjutkan Fati pada awal musim ini. Fati sukses mengemas lima gol dan empat assist dari 10 penampilan di semua ajang.

 

Sayangnya, performa Fati terganggu dengan cedera lutut kiri. Fati mengalami robek otot di lutut kirinya saat tampil di laga kontra Real Betis di lanjutan La Liga, awal November silam. Setelah sempat menjalani operasi khusus di lutut kirinya, Fati diprediksi baru bisa kembali ke tim utama Barca pada awal Maret mendatang.

Eto'o menilai, terlepas dari cedera yang dialaminya, Fati memiliki potensi untuk bisa menjadi pemain andalan Barcelona pada masa mendatang.

''Saya kira, (Ansu) Fati merupakan satu pemain yang dapat menjadi andalan Barcelona pada masa mendatang. Dia telah melakukan hal-hal luar biasa. Jadi, klub harus bisa menjaga dan merawat kemampuannya sebaik mungkin,'' tutur Eto'o seperti dilansir Marca, Selasa (12/1).

 

Bahkan, pemain yang mengantarkan tiga titel La Liga dan dua trofi Liga Champions itu menyebut, Fati dapat menjadi suksesor Messi di tim utama Barcelona pada masa mendatang. ''Mari berharap, dia bisa terus tumbuh dan menjadi pemain yang menggantikan Messi,'' kata eks pelatih timnas Kamerun tersebut.

 

Messi, yang mengenakan nomor punggung 10 di Barcelona, memang begitu santer dikabarkan bakal segera mengakhiri kiprahnya bersama tim asal Katalan tersebut. Kontrak pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah Barcelona itu bakal habis pada akhir musim ini. Kendati begitu, hingga kini, Messi belum menandatangani perpanjangan kontrak bersama Barcelona. Rumor kepergian Messi dari Stadion Camp Nou kian kencang usai berbagai polemik antara pemain berjulul La Pulga itu dengan manajemen klub pada awal musim ini.

 
Berita Terpopuler