Kutukan Empat Besar Menerpa MU Bersama Solskjaer

MU tumbang di babak semifinal di tiga turnamen musim lalu.

EPA-EFE/Nigel Roddis
Ole Gunnar Solskjaer
Rep: Rahmat Fajar Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kutukan membayangi manager Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, jelang menghadapi Manchester City di babak semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Kamis (7/1) dini hari WIB. Pasalnya, tahun lalu, MU bersama pelatih asal Norwegia itu tumbang di babak empat besar di tiga turnamen sekaligus.

Pertama, babak empat besar Piala Liga Inggris 2019/2020. Seperti tahun sekarang, tahun lalu MU juga bertemu Manchester City di semifinal Piala Liga.

Di leg pertama pada awal Januari 2020, MU dipaksa menyerah 1-3 dari menjamu City di Old Trafford. The Red Devils akhirnya pun tersingkir dengan agregat 2-3 setelah hanya mampu menang 1-0 di leg kedua di kandang Citizens pada akhir Januari 2020.

Solskjaer yakin kali ini timnya mampu memenangkan semifinal Piala Liga Inggris atas Manchester City. "Ini bukan hanya tentang mempelajari cara memenangkan semifinal. Ini adalah mendapatkan hak untuk terus maju,'' kata Solskjaer, seperti dikutip BBC, Rabu (6/1).

Dua kegagalan MU di semifinal lainnya musim lalu terjadi di turnamen yang levelnya lebih tinggi.

 

 

 

Kegagalan Lainnya

MU musim lalu juga lolos ke babak empat besar Piala FA 2019/2020. Tapi sayang, di babak semifinal tersebut, The Red Devils menyerah 1-3 dari Chelsea. Musim itu Arsenal yang akhirnya keluar sebagai juaranya dengan menundukkan Chelsea 2-1 di partai final.

Di level Eropa, penampilan Manchester United juga melenggang mulus hingga mencapai babak semifinal Europa League 2019/2020. Di partai semifinal tersebut, MU bertemu Sevilla dari Spanyol.

Manchester United kembali menyerah dengan skor 1-2. Dan, Sevilla akhirnya berhasil menjuarai Europa League 2019/2020 dengan mengalahkan Inter Milan 3-2 di partai final.

Meski gagal di tiga turnamen, MU masih bisa mendapatkan tiket Liga Champions.

Tiket Liga Champions

Di Liga Primer Inggris, skuad Ole Gunnar Solskjaer mampu mengamankan tiket Liga Champions 2020/2021. MU finis di posisi ketiga klasemen Liga Inggris musim lalu dengan mengantongi 66 poin dari 38 pertandingan.

MU hanya unggul selesih gol dari Chelsea yang menempel di posisi keempat. United terpaut jauh 33 poin dari Liverpool yang menjadi juara Liga Inggris setelah menantinya selama 30 tahun. Rival sekota MU, Manchester City, berada di urutan kedua dengan 81 poin.

Namun sayangnya, perjalanan MU di pentas Liga Champions musim ini sudah harus terhenti di babak penyisihan grup. Bruno Fernandes dan kawan-kawan tersingkir setelah hanya mampu menempati posisi ketiga Grup H.

 
Berita Terpopuler