27 Negara Uni Eropa Memulai Program Vaksinasi Massal Covid

Negara-negara UE telah mencatat setidaknya 16 juta infeksi virus corona.

ANTARA FOTO/Jojon
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 (ilustrasi). 27 negara Uni Eropa memulai program vaksinasi pertama Covid-19 serentak pada Ahad (27/12/2020) waktu setempat.
Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT -- Jerman, Hungaria, dan Slovakia mulai memberikan suntikan vaksin virus korona pertama mereka pada hari Sabtu (26/12) hanya beberapa jam setelah menerima pengiriman pertama mereka. Vaksinasi pertama di Jerman, Hungaria dan Slovakia ini mendahului rencana Uni Eropa untuk peluncuran program vaksinasi massal di 27 negara blok itu pada Ahad (27/12).

Baca Juga

“Setiap hari yang kita tunggu adalah satu hari yang terlalu banyak,” kata Tobias Krueger, operator panti jompo tempat imunisasi dimulai di Halberstadt, di wilayah Jerman timur laut Saxony-Anhalt, seperti dikutip AP, Ahad (27/12).

Orang pertama di panti jompo tersebut yang diimunisasi dengan vaksin Pfizer-BioNTech adalah Edith Kwoizalla yang berusia 101 tahun, kantor berita dpa melaporkan.

Krueger mengatakan 40 dari 59 penghuni rumah menginginkan suntikan imunisasi bersama dengan 10 dari sekitar 40 pekerja. Dia termasuk di antara mereka yang diimunisasi. 

Di Hungaria, petugas kesehatan divaksinasi di Rumah Sakit Pusat Hama Selatan di Budapest, sementara di Slovakia, orang pertama yang menerima suntikan adalah ahli penyakit menular berusia 60 tahun, Vladimir Krcmery. Dia divaksinasi bersama dengan dokter di Rumah Sakit Universitas di kota Nitra, yang oleh Menteri Kesehatan Marek Krajci disebut sebagai 'momen bersejarah'.

Pengiriman pertama vaksin tiba di rumah sakit di seluruh Uni Eropa dalam wadah super dingin pada Jumat (25/12) malam dan Sabtu (26/12) pagi setelah dikirim dari pusat manufaktur di Belgia sebelum Natal. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen merilis video yang merayakan peluncuran vaksin untuk hampir 450 juta orang di blok itu, menyebutnya sebagai "momen persatuan yang menyentuh."

“Hari ini, kami mulai membalik halaman pada tahun yang sulit. Vaksin Covid-19 telah dikirimkan ke semua negara UE. Vaksinasi akan dimulai besok di seluruh UE, ”katanya.

Peluncuran ini menandai momen harapan bagi kawasan yang mencakup beberapa titik panas virus yang paling awal dan terparah di dunia, yakni Italia dan Spanyol. Secara keseluruhan, negara-negara UE telah mencatat setidaknya 16 juta infeksi virus korona dan lebih dari 336.000 kematian.

 

 

Namun, peluncuran vaksin membantu blok tersebut memproyeksikan rasa persatuan dalam misi penyelamatan nyawa yang kompleks setelah menghadapi kesulitan selama setahun dalam menegosiasikan kesepakatan perdagangan pasca-Brexit dengan Inggris. Ini juga membawa kelegaan bagi politisi Uni Eropa yang frustrasi setelah Inggris, Kanada dan Amerika Serikat memulai program vaksinasi mereka awal bulan ini dengan suntikan yang sama yang dikembangkan oleh Jerman.

“Ini (vaksinasi) merupakan kabar baik saat Natal,” kata Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn pada konferensi pers Sabtu (26/12). “Vaksin ini adalah kunci yang menentukan untuk mengakhiri pandemi ini ... itu adalah kunci untuk mendapatkan hidup kita kembali.”

Pengiriman pertama vaksin dibatasi hanya di bawah 10.000 dosis di sebagian besar negara, dengan program vaksinasi massal UE diharapkan akan dimulai hanya pada bulan Januari. Setiap negara memutuskan sendiri siapa yang akan mendapatkan tembakan pertama - tetapi mereka semua menempatkan yang paling rentan terlebih dahulu.

Di Hungaria, pengiriman pertama 9.750 dosis tiba dengan truk Sabtu (26/12) pagi dan dibawa ke Rumah Sakit Pusat Hama Selatan di Budapest. 

Dosis tersebut cukup untuk memvaksinasi 4.875 orang, karena dua dosis diperlukan per orang.  

Pemerintah mengatakan empat rumah sakit lain, dua di Budapest dan dua lainnya di kota timur Debrecen dan Nyíregyháza, juga akan menerima vaksin sejak pengiriman awal.

Otoritas Prancis mengatakan mereka akan memprioritaskan orang tua dan badan keamanan medis Prancis akan memantau peluncuran vaksin untuk masalah potensial apa pun. Jerman, di mana pandemi telah menelan korban lebih dari 30.000 jiwa, dimulai dengan mereka yang berusia di atas 80 tahun dan orang-orang yang mengurus kelompok rentan.

Otoritas Spanyol mengatakan gelombang pertama vaksin tiba di pusat kota Guadalajara, tempat suntikan pertama akan diberikan Ahad (27/12) pagi di sebuah panti jompo.

Di Italia, yang memiliki korban virus terburuk di Eropa dengan lebih dari 71.000 orang meninggal, seorang perawat di Rumah Sakit Spallanzani Roma, fasilitas penyakit menular utama di ibu kota, akan menjadi yang pertama di negara itu yang menerima vaksin, diikuti oleh petugas perawatan kesehatan lainnya.

Di Polandia, dua orang pertama yang akan divaksinasi pada Ahad (27/12) adalah perawat dan dokter di rumah sakit Kementerian Dalam Negeri di Warsawa, diikuti oleh tenaga medis di puluhan rumah sakit lain. Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan itu adalah tugas patriotik Polandia untuk mendapatkan vaksinasi - sebuah pesan yang ditujukan pada masyarakat di mana ada tingkat keragu-raguan vaksin yang tinggi yang lahir dari ketidakpercayaan pihak berwenang.

Di Bulgaria, di mana kekhawatiran tentang vaksin juga tinggi, orang pertama yang mendapat suntikan adalah Menteri Kesehatan Kostadin Angelov, yang telah menjanjikan kampanye agresif untuk mempromosikan manfaat vaksin.

Di Kroasia, seorang penghuni panti jompo di Zagreb, ibu kota, akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin pada Ahad (27/12) pagi, menurut HRT TV. Pihak berwenang juga berencana untuk melibatkan selebriti dan tokoh masyarakat lainnya dalam kampanye pro-vaksinasi.

“Kami telah menunggu ini selama setahun sekarang,” ujar Perdana Menteri Rumania Florin Catu pada hari Sabtu (26/12) setelah vaksin pertama tiba di fasilitas penyimpanan yang dikelola militer.

Vaksinasi dimulai ketika kasus pertama dari varian virus corona baru yang telah menyebar di Inggris telah terdeteksi di Prancis dan Spanyol. Varian baru, yang menurut otoritas Inggris jauh lebih mudah ditularkan, telah menyebabkan negara-negara Eropa, Amerika Serikat dan China memberlakukan pembatasan baru pada perjalanan bagi orang-orang dari Inggris.

 
Berita Terpopuler