Pahami Arti Bacaan Sholat Ini Agar Khusyuk (1)

Salah satu cara agar khusyuk adalah memahami dan meresapi arti bacaan sholat.

Republika/Yogi Ardhi
Pahami Arti Bacaan Sholat Ini Agar Khusyuk (1). Sholat (ilustrasi)
Rep: Muhyiddin Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sangat beruntung umat Islam yang bisa melaksanakan sholatnya dengan khusyuk. Sholat yang khusyuk akan mampu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, dan sholatnya akan diterima Allah SWT.

Baca Juga

Salah satu cara agar kita bisa khusyuk adalah dengan memahami dan meresapi arti bacaan dalam setiap gerakan sholat. Berikut beberapa bacaan pendek sholat dan artinya yang bisa dihafal dengan mudah.

1. Bacaan saat takbiratul ihram, yaitu  أَللهُ أَكْبر  yang artinya, Allah Maha Besar

Saat takbiratul ihram, tangan diangkat keatas sembari meresapi arti bacaan “Allahu Akbar” dan membaca niat sholat di dalam hati.

 

2. Bacaan Surat al-Fatihah

Dengan memahami arti surat Al-Fatihah ini, sholat kita akan semakin khusyuk.  

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ. إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ. اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ. صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah Kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

3. Bacaan saat rukuk

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

(Subhanarabbiyal azimi wa bihamdih)

 

“Maha Suci Tuhanku yang Mahaagung dan Maha Terpuji."

 
Berita Terpopuler