Lembaga Fatwa Mesir: Ikhwanul Muslimin Tebar Teror Online

Lembaga Fatwa Mesir menyatakan Ikhwanul Muslimin tebar teror melalui online.

tangkapan layar wikipedia.org
Lembaga Fatwa Mesir menyatakan Ikhwanul Muslimin tebar teror melalui online. Logo ikhwanul muslimin
Rep: Dea Alvi Soraya Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Lembaga Fatwa Dar al-Ifta Mesir memperingatkan ancaman terorisme dan hasutan kebencian berbasis daring yang disebarkan kelompok Ikhwanul Muslimin (IM). 

Baca Juga

Dalam pernyataannya Jumat (24/7) lalu, Dar al-Ifta mengatakan bahwa kelompok tersebut telah dipastikan berafiliasi dengan kelompok oposisi Mesir.

"Para pemimpin kelompok-kelompok kekerasan, terutama IM, mencari kekuasaan dan mengeksploitasi kaum muda dengan mengadopsi retorika daring berdasarkan disinformasi," dalam keterangan resmi Dar al-Ifta yang dikutip di Asharq Al-Awsat, Rabu (29/7).

Menurut al-Ifta, IM membuat berita palsu tentang kondisi internal dan lembaga negara, lalu menyebarkannya melalui akun dan portal mereka di luar negeri. 

Al-Ifta, melalui pernyataannya juga memuji upaya keamanan yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri untuk menjaga keamanan dan menghentikan segala bentuk sabotase dan kekacauan. 

Mantan Presiden Mohamed Morsi, afiliasi MB, digulingkan pada 3 Juli 2013, setelah protes besar-besaran yang meluas terhadap kekuasaannya selama satu tahun. Dia meninggal saat persidangan berlangsung pada 17 Juni. 

Pada Kamis (23/7) lalu, kepolisian mengumumkan penangkapan enam personel IM, yang telah merencanakan untuk menyiapkan laporan dan program media yang dibuat-buat tentang situasi di negara itu dan menyebarkan desas-desus di kalangan orang Mesir.  

Dalam pernyataannya, Al-Ifta mengatakan bahwa kelompok itu telah menimbulkan keresahan, dan menyiarkan kebohongan dengan tujuan merusak lembaga-lembaga negara Mesir.

Al-Ifta juga menyerukan seluruh rakyat Mesir untuk bersama melindungi sumber daya negara dan tidak mudah terhasut atau mempercayai retorika dan tipu daya pihak luar.

Sumber: https://english.aawsat.com/home/article/2410426/egypt%E2%80%99s-%E2%80%98ifta%E2%80%99-muslim-brotherhood-seeks-spread-chaos-online 

 

 
Berita Terpopuler