Mantan Pebalap F1, Alex Zanardi dalam Kondisi Serius

Rumah sakit akan memberikan pembaruan lebih lanjut kondisi Zanardi minggu depan.

AP Photo/Mauro Pimentel
Eks pebalap F1 Alex Zanardi yang kemudian menjadi atlet parasepeda.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pebalap Formula 1, Alex Zanardi berhasil keluar dari situasi koma dengan induksi secara medis, namun dokter mengatakan kondiai neurologisnya tetap serius. Pembalap Italia berusia 53 tahun itu pernah meraih medali emas empat kali di Paralimpik.

Baca Juga

Ia menderita cedera kepala parah dalam tabrakan dengan sebuah truk pada 19 Juni. Sebuah pernyataan dari Rumah Sakit Aou Senese di Siena, tempat Zanardi dirawat, mengatakan manajemen kesehatan, dalam perjanjian dengan keluarga, menginformasikan bahwa pengurangan progresif sedo-analgesia telah dimulai.

"Setelah pengurangan sedasi, akan diperlukan beberapa hari untuk evaluasi lebih lanjut terhadap pasien oleh tim multi-disiplin yang merawat atlet, untuk memungkinkan kelanjutan dari jalur terapi dan rehabilitasi," tulis pernyataan itu, dikutup dari Sky Sports, Jumat (17/7).

Pernyataan itu menambahkan bahwa rumah sakit akan memberikan pembaruan lebih lanjut tentang kondisi Zanardi minggu depan. Zanardi diamputasi kedua kakinya setelah kecelakaan dalam lomba American Memorial 500 Cart di Jerman pada tahun 2001.

Dia kembali ke motorsport, menang empat kali untuk BMW di World Touring Car Championship dari 2005-09 dan kemudian pindah ke balapan handcycle. Selain empat medali emasnya, ia telah memenangkan 12 kejuaraan dunia dalam cabang olahraga, serta Maraton New York 2011.

 
Berita Terpopuler