Suami, Lakukan Ini Ketika Istri Berpenghasilan Lebih Besar

EPA/Sebastian Silva
Ilustrasi pasangan suami istri
Rep: C23 Red: Indira Rezkisari

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai seorang suami, memiliki penghasilan yang dapat digunakan untuk mencukupi seluruh kebutuhan keluarga adalah suatu kebanggaan tersendiri. Tapi bagaimana jika situasinya berubah, yakni istri Anda yang berpenghasilan lebih besar daripada Anda dan mampu memasok bermacam kebutuhan keluarga?

Bagi sebagian lelaki, situasi tersebut dapat mengganggu hidup mereka. Parahnya, terkadang ada dari mereka yang iri ketika melihat istrinya berpenghasilan lebih besar daripada dirinya sendiri.

Namun, kesenjangan atau persepsi negatif terhadap situasi ini hendaknya tidak dibiarkan berlarut-larut. Kaum lelaki harus berdamai dengan hatinya sendiri dan mengakui bahwa perempuan hari ini juga memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan keluarganya.

Seperti dilansir situs Times of India, berikut ini cara yang dapat dilakukan ketika seorang istri berpenghasilan lebih besar daripada suami.

Lihat pasangan Anda sebagai rekan setim, bukan pesaing. Seorang pria harus berdamai dengan kenyataan dan menyingkirkan bias gender karena hal tersebut dapat mempengaruhi hubungan dan rasa diri.  Sangat penting untuk melihat pasangan Anda sebagai rekan satu tim, bukan pesaing.


Sangat penting bagi pasangan untuk tidak menjadikan uang sebagai titik fokus hubungan mereka. Cinta kepada pasangan adalah fokus yang mesti dibangun, bukan pendapatan. Ketika seorang wanita berbagi keberhasilannya dengan pasangannya,  konyol baginya untuk merasa iri.

Namun, dia tidak boleh egois. Dia juga harus memahami perasaan pasangannya dan peka terhadap nya kebutuhan. Misalnya, ketika mereka pergi keluar di depan umum, ia harus memperkenalkan dirinya benar. Upaya untuk mengurangi konflik dan kecemburuan harus datang dari kedua belah pihak.

Sebagai pasangan mereka harus melakukan hal-hal bersama-sama, apakah itu bepergian atau menangani uang penting bersama-sama. Mereka harus menghindari menekankan pada perbedaan karena hal itu hanya akan menimbulkan gangguan dalam hubungan.
Jauhkan ego dan rasa ketidakamanan Anda

Jangan biarkan ego hadir di tengah-tengah Anda berdua. Bila seorang suami merasa tidak aman karena penghasilannya, tidak sepatutnya dia berkecil hati. Karena dia masih bisa berusaha untuk meningkatkan pendapatannya.

Bila ada beberapa kebutuhan yang harus mendapat perhatian lebih, baik suami atau istri, tidak perlu berpikir siapa yang harus menjadi tameng untuk memenuhi hal tersebut. Cukup penuhi kebutuhan tersebut tanpa harus diikuti persepsi-persepsi negatif. Ingat, menyatukan pendapatan dan mengelolanya bersama-sama akan membuat kehidupan keluarga menjadi lebih nyaman.

Tips untuk wanita yang berpenghasilan lebih besar dari pasangannya:

1. Perhatikan sikap dan sopan santun.
2. Jangan selalu bereaksi negatif.
3. Jauhkan kebanggaan yang tak perlu.
4. Jangan membuat kesan seolah-olah kebutuhan keluarga bergantung pada diri Anda.
5. Pikirkan cara-cara untuk lebih memberdayakan pasangan Anda.
6. Dorong dan biarkan dia tahu bahwa dia masih dicintai dan dihargai atas segala usahanya untuk keluarga.
7. Jangan biarkan pekerjaan mendahului keluarga Anda sendiri.
8. Bila pasangan Anda marah atau mencoba melarang apa yang ingin Anda lakukan, cobalah untuk duduk bersama dan bicarakan secara serius hal ini.
9. Luangkan waktu dari kesibukan Anda untuk pasangan Anda. Hal itu akan membuatnya merasa dihargai.
10. Usahakan menjaga semua hal seimbang di dalam keluarga.


Bila hal itu telah dilakukan, poin terakhir untuk suami adalah jadilah seorang pria untuk wanita.

Mengetahui bahwa pasangan Anda berpenghasilan lebih besar dari Anda, bukan berarti hal itu menyebabkan Anda mengubah perilaku Anda dan berhenti melakukan hal-hal kecil yang dapat membuat jantung dia berdebar. Jadilah pasangan yang lembut dengan cara Anda, memuji dia, membuka pintu mobil untuknya dan menawarkan dia ketika cuaca dingin di luar.

Meskipun Anda tidak mampu memberikan hadiah mahal dan hanya mampu mengirim bunga tanpa alasan tertentu, Anda harus yakin bahwa hal tersebut juga mampu membuatnya senang. Jadilah kreatif dengan cara Anda.

Selain itu, liburan akhir pekan yang menyenangkan atau makan malam yang nyaman setelah seharian bekerja keras juga akan terdengar indah untuk pasangan Anda. Terakhir, wanita juga ingin memiliki bahu kokoh untuk bersandar.
 
Jadi, penting bagi seorang pria untuk mempertahankan maskulinitas dan membuat pasangannya merasa aman.

 
Berita Terpopuler