Ini Perbandingan Negara Pendukung Saudi dan Iran

Global Research
Peta Baru Timur Tengah
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, Hubungan Arab Saudi dan Iran memanas setelah eksekusi yang dilakukan Riyadh terhadap ulama Syiah Nimr al-Nimr. Usai eksekusi itu, demonstrasi besar berlangsung di Kedutaan Saudi di Iran. Kantor Kedutaan Saudi pun tak pelak menjadi amukan massa. Sekelompok demonstran memasuki gedung kedutaan dan merusak serta mengambil properti kedutaan.

Saudi marah besar dan secara sepihak langsung memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran. Tak hanya Saudi, sejumlah negara sekutu Saudi pun turut membela dan melakukan langkah diplomatik terhadap Teheran yang dianggap sengaja membiarkan perusakan kantor kedutaan tersebut. Berikut negara yang berada di pihak Saudi dan di pihak Iran:

REPUBLIKA.CO.ID, Setidaknya ada tujuh negara yang menyatakan dukungan langsung kepada Saudi, mulai dari Bahrain sampai Qatar, berikut perinciannya:

Bahrain

Pemerintah Bahrain merupakan sekutu dekat Saudi. Ketika revolusi Musim Semi Arab menyapu kawasan 2011 lalu, Saudi mengirimkan tentaranya ke Bahrain untuk menghentikan kericuhan di negara itu. Berbeda terbalik dengan Suriah, mayoritas penduduk negara itu merupakan Syiah, tapi dipimpin oleh pemerintahan Suni.

Bahrain telah memutuskan hubungan dengan Iran serta menangguhkan penerbangan ke negara tersebut.

Sudan

Sudan merupakan sekutu dekat Saudi dari belahan Afrika. Negara tersebut terlibat aktif dalam operasi pertempuran melawan milisi Houthi di Yaman. Pascainsiden perusakan kedutaan Saudi, Sudan menunjukkan rasa solidaritas dengan memutuskan hubungan dengan Iran serta memberikan waktu selama dua pekan agar diplomat dari Teheran hengkang.

REPUBLIKA.CO.ID,  Berbeda dengan Saudi, pendukung Iran tidak terlalu banyak. Hanya ada tiga pihak yang diyakini mendukung Iran. Mereka di antaranya:

Kelompok Hizbullah Lebanon

Kelompok bersenjata Syiah ini telah lama menjadi sekutu dekat Iran. Kelompok ini didirikan pada 1982 atas bantuan Garda Revolusi Iran menyusul invasi Israel ke Lebanon. Kelompok Hizbullah mengecam keras eksekusi ulama Syiah Syekh Nimr al-Nimr.

Pemerintahan Suriah Bashar al-Assad

Presiden Assad berutang budi cukup besar pada Iran. Selama ini Teheran telah mengirimkan bantuan, baik senjata maupun komandan terlatihnya ke Suriah untuk melawan pemberontak.

Pemerintah Syiah Irak

Eksekusi Nimr memicu kemarahan mayoritas Syiah di Irak. Pemerintah Irak mengingatkan Saudi bahwa eksekusi tidak akan berbuah apa pun kecuali kehancuran. Kendati mengecam eksekusi Nimr, belakangan Irak menyatakan siap memediasi pertikaian antara Iran dan Saudi.

 
Berita Terpopuler