MPR Bersama PGRI Memasyarakatkan 4 Pilar

Gedung MPR/DPR
Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Ratusan guru yang bernaung di bawah PGRI Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (5/12), berkumpul di Aula Perpustakaan SMA Taruna Nusantara.

Di sekolah yang menggunakan metode pendidikan seperti akademi militer itu mereka mengikuti Sosialisasi 4 Pilar MPR, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dikatakan Ketua PGRI Magelang, Muslih, seluruh guru yang ada di kabupaten ini mendukung acara yang diselenggarakan pada pagi itu. Dari kegiatan ini, para guru akan mendapat keuntungan, yakni memperoleh ilmu.

Untuk itu, dirinya mengharap kepada peserta bila ada yang kurang jelas untuk bertanya kepada para narasumber anggota MPR dari Fraksi Partai Golkar Deding Ishak, Chatibul Umam dari Fraksi Nasdem, dan M Syafruddin dari PAN.

Dalam sambutannya, Kepala Kesbangpol Kabupaten Magelang, Arya Humanita, mengatakan kegiatan sosialisasi ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di tengah menurunnya rasa kebangsaan.

Arya mengajak semua unsur untuk berbangga dengan bangsa Indonesia sebab banyak di antara warga yang silau terhadap kemajuan bangsa lain.

Diungkapkan, bangsa ini adalah bangsa yang kaya, mampu menguasai teknologi, dan menjadi contoh sebagai sebuah bangsa yang penuh toleransi.

Meski demikian diakui kita tak boleh menutup mata terhadap apa yang dialami bangsa ini seperti masih banyaknya kemiskinan, menurunnya pemahaman terhadap Pancasila, dan munculnya individual. Hal tersebut menyebabkan bangsa ini mengalami krisis multidimensi.

Dari krisis multidimensi itu, Arya mengajak semua untuk ikut selalu dan peduli dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Dikatakan, Pemkab Magelang telah melakukan sosialisasi di beberapa kecamatan, sehingga dengan adanya sosialisasi yang dilakukan dengan PGRI itu akan bisa memperkaya wawasan kebangsaan. "Ini sejalan dengan program pemerintah," ujarnya. Dari semua itu, Arya dengan tegas mengatakan Magelang siap menjadi benteng Pancasila.

 
Berita Terpopuler