Ini Dia Aneka Manfaat Yogurt, Apa Sajakah?

Yogurt memiliki kandungan yang setara dengan susu.
Red: Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, Yogurt tak hanya disantap begitu saja. Hasil fermentasi susu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka masakan. Berikut beberapa cara yang perlu diketahui jika mengolah yoghurt:

* Jangan gunakan panci aluminium bila menyiapkan apapun dengan yogurt. Asam dalam yogurt akan bereaksi dengan aluminium.

* Karena kandungan asamnya, yoghurt menjadi bahan perendam (marinade) untuk melunakkan daging. 

* Yogurt bisa dimanfaatkan untuk mengentalkan saus krim. Bila Anda ingin melakukannya, tambahkan sedikit tepung maizena agar tidak terlalu kental. Caranya, campurkan dua sendok teh tepung maizena pada 1 cangkir yoghurt sebelum ditambahkan cairan panas. Aduk saat mulai mendidih dan mengental, jangan biarkan betul-betul mendidih.

* Agar yogurt tidak terpisah saat menambahkan cairan panas, pastikan suhunya sesuai suhu kamar.

* Bila dalam proses pemasakan yogurt terpisah, terkadang masih bisa diperbaiki. Campurkan 1 sendok teh tepung maizena dengan 1/2 sendok makan air dingin. Aduk campuran ini pada sebagian adonan yoghurt dan panaskan sampai mengental kemudian satukan dengan sisa bagian yogurt.

* Pengadukan yang cepat membuat yogurt pecah. Karena itu, aduk perlahan saat mencampurkan dengan bahan lainnya.

* Gunakan yogurt dalam ukuran yang sebagai pengganti mayonnaise asam dalam resep dressing salad untuk mengurangi kalorinya.

 
Berita Terpopuler