Kamis 18 Jan 2018 08:01 WIB

Kopertis Dorong Dosen Aktif Tulis Karya Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah (ilustrasi)
Foto: anneahira
Karya Tulis Ilmiah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X mendorong dosen di kampus swasta binaannya untuk menulis karya ilmiah secara populer di berbagai media. "Hasil penelitian dan pengabdian tidak cukup diinformasikan melalui jurnal, agar masyarakat mengetahuinya perlu dipopulerkan, " kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, Kamis (18/1).

Dia mengemukakan selama ini sulitnya hasil penelitian atau pengabdian masyarakat dikenal karena tidak diinformasikan secara populer. Informasi yang disebar melalui jurnal, katanya, hanya dapat dipahami sebagian kecil orang, akibatnya maksud dan tujuan penelitian tidak tercapai.

Ia berpendapat, banyak dosen yang cukup terkenal dalam menulis jurnal namun nihil dalam karya ilmiah populer, akibatnya masyarakat awam tidak mengetahuinya. Dengan menulis karya ilmiah populer atau membagikan kepada media, ujar dia, karya penelitian akan dikenal.

"Menulis ilmiah populer ini penting untuk menegaskan peranan penting perguruan tinggi dalam pembangunan," kata Herri.

Terlebih, katanya, saat ini Kemenristekdikti telah menjadikan penulisan ilmiah populer menjadi salah satu program prioritas untuk pengembangan sumber daya dosen. Ke depan di kopertis sendiri akan diadakan pelatihan penulisan ilmiah populer dengan menggandeng berbagai media.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement