Sabtu 05 Dec 2015 05:00 WIB

Hindari 5 Minuman Ini untuk Hindari Kenaikan Berat Badan

Rep: c23/ Red: M Akbar
Duduk terlalu lama atau kurang aktif bergerak menjadi penyumbang sebab berat badan tak kunjung turun.
Foto: flickr
Duduk terlalu lama atau kurang aktif bergerak menjadi penyumbang sebab berat badan tak kunjung turun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda tahu bahwa seperlima asupan kalori pada tubuh Anda berasal dari minuman yang Anda konsumsi setiap hari? Menurut sebuah statistik terbaru yang dilansir situs Boldsky, seseorang dapat memasok sekitar 2500 kalori ke dalam tubuhnya hanya karena meminum jus.

Lalu apakah Anda tahu bahwa minuman seperti kopi dan susu mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan minuman bersoda? Berikut ini jenis-jenis minuman yang dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah yang patut Anda ketahui.

1. Kopi

Mungkin Anda pernah berkunjung ke sebuah kedai kopi, lalu memesan kopi dingin. Sepertinya pesanan tersebut menarik dan sehat untuk Anda. Tapi sebenarnya minuman ini mengandung sekitar 900 kalori. Kopi dingin atau beku sarat dengan gula dan krim sarat dengan kandunagn gula dan krim yang membuatnya menjadi minuman tak sehat untuk menurunkan berat badan.

2. Susu

Salah satu minuman yang dapat membuat Anda cepat gemuk adalah susu.  Meskipun ahli gizi menyarankan bahwa susu adalah minuman yang baik untuk kesehatan, namun dia tidak hanya mengandung kalsium, tapi juga memiliki lemak jenuh yang tinggi. Hal itu dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan.

3. Minuman Olahan

Tahukah Anda bahwa minuman olahan, seperti jus atau semacamnya, ketika proses pembuatannya bisa menggunakan satu ton gula dan pemanis buatan lainnya untuk menambah kalori? Rata-rata minuman olahan, seperti jus, misalnya, hanya berisi tiga persen buah dan tidak sehat untuk dikonsumsi.

4. Minuman Energi

Minuman ini sarat dengan gula, kafeinm bahan-bahan lain yang bukan hanya dapat menyebabkan berat badan Anda naik, tapi juga bisa mengaktifkan sel kanker dalam tubuh. Bila dikonsumsi rutin, minuman ini juga dapat menjadi pemicu diabetes.

5. Soda

Mengkonsumsi soda secara berlebih dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Minuman ini juga tidak mengandung gizi, tapi memiliki kadar natrium dan pemanis buatan yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan dalam waltu singkat. Selain itu, minuman soda juga dapat merusak kesehatan gigi Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement