Inggris, Catatan tanpa Cacat
 
Timnas : Inggris
Julukan : The Three Lions
Pelatih : Roy Hodgson
Kapten : Wayne Rooney
Bintang : • Jamie Vardy
: • Harry Kane
Formasi : 4-3-3
Prestasi : Piala Dunia 1966 (juara)
     

Tidak berlebihan jika menobatkan Inggris sebagai tim yang paling siap menjalani putaran final Piala Eropa 2016. Menyapu bersih semua laga babak kualifikasi dalam satu setengah tahun perjalanan, Inggris jadi satu-satunya tim yang tak memiliki cacat.

Tiada satupun lawan yang bisa mengadang laju pasukan Ratu Elizabeth selama kualifikasi. Duduk bersama tim-tim miskin prestasi seperti Swiss, Slovenia, Estonia, Lithuania, dan San Marino di Grup E, Inggris memang sudah diprediksi dapat melenggang. Namun menggasak semua laga dengan poin sempurna bukan lah perkara mudah.

Melesakkan 31 gol dan hanya kebobolan tiga kali saja, Inggris tanpa ampun melindas semua peserta di Grup E. Tanda-tanda Inggris akan melesat di babak kualifikasi sudah terlihat ketika pada partai perdana mereka menghantam tuan rumah Swiss pada September 2014 silam. Bermain di kandang lawan, tim besutan Roy Hodgson ini membekuk Xherdan Shaqiri Cs dengan skor meyakinkan 2-0.

Hingga partai penutup saat bertandang ke Lithuania pertengahan Oktober 2015, Inggris masih tidak melepas pedal gas mereka. Tuan rumah digasak tiga gol tanpa balas dan memastikan Inggris melenggang ke Prancis dengan catatan sempurna.

Memang dengan kondisi penghuni grup kualifikasi yang tak terlalu punya nama mentereng, bukan hal mustahil bagi Inggris untuk bisa tampil sempurna. Ketangguhan Negara peraih Piala Dunia 1966 ini pun mendapat ujian sesungguhnya dari juara bertahan Spanyol.

Inggris bertamu ke Negeri Matador dalam laga persahabatan usai rampungnya kualifikasi, tepatnya pada 14 November 2015. Publik sepak bola dunia terkejut. Inggris yang sempurna tanpa cacat sejak 2014 harus bertekuk lutut di Stadion Alicante.

Keperkasaan Inggris yang punya koleksi banyak gol dan hanya kebobolan tiga kali di babak kualifikasi seolah sirna. Pada laga tersebut, Inggris dibuat tak berdaya dengan kekalahan dua gol tanpa balas dari pasukan Vicente del Bosque.

Seakan enggan malu tercoreng muka, Inggris pun bangkit ketika empat hari kemudian meladeni Prancis di rumah sendiri, Stadion Wembley, London. Menjamu negara penyelenggara Piala Eropa 2016 itu, Inggris menang meyakinkan 2-0 via gol sang kapten Wayne Rooney dan pemain muda Delle Ali.

Pada putaran final nanti, Inggris sepatutnya tak akan lagi bisa jemawa dengan rekor sempurna yang mereka torehkan di babak kualifikasi. Ada sejumlah tim yang siap melukai Ronney dan kawan-kawan. Rusia, Slovakia, dan saudara mereka di tanah Britania Raya, Wales berada satu atap dengan Inggris di Grup B.

Hodgson pun mengaku tak mau jika sampai catatan manis di babak kualifikasi membuat para pemainnya terlena. Menurut dia, lawan-lawan yang akan Inggris hadapi mempunyai kehebatan yang tak mungkin dipandang sebelah mata.

“Saya pikir ini undian yang cukup baik. Sebuah kesempatan untuk bisa melawan tim-tim yang kuat. Kita bisa melihat Wales sangat berkembang dengan pemain termahal dunia, Gareth Bale. Ini akan jadi grup yang ketat,” kata eks pelatih Liverpool ini dikutip dari Mirror.
 
Kemudian soal Rusia dan Slovakia, di matanya, kedua tim memang belum pernah dihadapi selama ia menangani Inggris. Namun, pelatih 68 tahun ini tak menampik, kekuatan Rusia dan Slovakia yang ia lihat selama kualifikasi amatlah berbahaya.

“Saya belum pernah menghadapi mereka selam karier kepelatihan internasional saya dimanapun. Tapi kami akan menghormati mereka. Kami akan melakukan sejumlah pengamatan dan juga tentu meneliti seperti apa gaya permainan kedua tim ini,” ujarnya. (Gilang Akbar Prambadi)


Populer

Jadwal

11 Jun 2016 02:00
Prancis
vs
Rumania
Selengkapnya

Klasemen

Team   MP W D L Pts
0 0 0 0 0
0 0 0 0 0
0 0 0 0 0
0 0 0 0 0
 
16 besar
Team   MP W D L Pts
Polandia 2 1 1 0 4
Belgia 1 1 0 0 3
Jerman 1 1 0 0 3
Italia 1 1 0 0 3
Wales 1 1 0 0 3
Prancis 1 1 0 0 3
Portugal 1 1 0 0 3
Islandia 1 1 0 0 3
Swiss 2 0 1 1 1
Inggris 1 0 0 1 0
Republik Irlandia 1 0 0 1 0
Irlandia Utara 1 0 0 1 0
Kroasia 1 0 0 1 0
Spanyol 1 0 0 1 0
Slovakia 1 0 0 1 0
Hungaria 1 0 0 1 0
 
Final
Team   MP W D L Pts
Portugal 1 1 0 0 3
Prancis 1 0 0 1 0