REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mendukung penggunaan e-katalog sektoral pada lima Kementerian beranggaran besar. Lima kementerian dimaksud adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedeputian Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan melaksanakan program dan kegiatan untuk meningkatkan pelayanan publik. Unit pelayanan publik di setiap pemerintah...
REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono mengklaim, 83 persen dari total warga Kota Bekasi sebanyak 2,7 juta puas akan pelayanan publik yang disediakan pemerintah daerah....
REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Lampung Sunarto menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas kinerja pendanaan pendidikan bagi peserta didik TA 2015-2018 Semester I...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua inovasi pelayanan publik Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) berhasil menyabet penghargaan Top 40 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik se-Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara...
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ombudsman Republik Indonesia akan menyambut masyarakat yang ingin melaporkan kesalahan penggunaan bahasa dalam pelayanan publik. Anggota Ombudsman Adrianus Meliala mengatakan, selama ini Ombudsman kerap menerima keluhan dari...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai perlu dibentuk "polisi bahasa" demi menimbulkan kebanggaan dalam penggunaan bahasa Indonesia, khususnya dalam konteks pelayanan publik. Dengan demikian, pelayanan publik kepada...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan, saat ini sedang terjadi revolusi pelayanan publik. Pelayanan yang dahulu membutuhkan waktu berbulan-bulan, kata dia,...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) kembali akan melakukan evaluasi terhadap Polres, Polresta sampai Polrestabes. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak peningkatan pelayanan...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Adrianus Meliala menyatakan, sistem pendanaan penanganan kasus at cost yang diharapkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian tidak...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengklaim sebagian besar masyarakat Indonesia telah puas pada pelayanan Polri. Namun, hasil audiensi Polri dengan Ombudsman Republik Indonesia mendapati adanya rapor...
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Ombudsman RI memberikan sanksi terhadap kementerian dan lembaga yang dinilai tak patuh terhadap standar layanan publik.Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Laode...
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai serta sejumlah anggota lainnya menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kepada Presiden, Amzulian menyampaikan, perbaikan layanan...
IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Sebagian besar pasar tradisional di jantung kota Riyadh seperti Al-Taamir, Al-Deira, Al-Makaleya, Al-Thamiri, dan Al-Qusman, dinilai kurang memiliki pelayanan publik. Akibatnya, para pembeli mengeluhkan pasar ini...
REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Amin meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di NTB melakukan pembenahan pada sektor pelayanan publik dan memanfaatkan teknologi informasi...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengingatkan kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bahwa pelayanan publik di Ibu Kota harus...
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur meyakini, Mall Pelayanan Publik bisa mengurangi praktik korupsi. Itu tak lain karena siapa pun yang ingin...
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya meresmikan Mall Pelayanan Publik yang pertama di Indonesia yang terletak di Jalan Tunjungan, Genteng, Surabaya, Jumat (6/10). Peresmian dilakukan oleh Wali Kota Surabaya...
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Sosial Kabupaten Sleman baru saja meluncurkan program inovasi Layanan Antar Sampai RUmah (Ngantar Paimah). Peluncuran dilaksanakan bersamaan dengan pemberian bantuan sosial terencana TA 2017.Kepala Dinsos...
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menyelenggarakan acara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2017 untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kovablik bertujuan menjaring inovasi pelayanan publik baik...
REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Presiden Joko Widodo mengingatkan agar para pamong praja muda bisa bekerja dengan baik dalam melayani publik. Pemberian pelayanan pun tidak boleh membedakan masyarakat dari sisi apa...
REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), tetap membuka pelayanan seperti pendampingan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak pada hari libur. "Kita...
REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pemerintah Kota Denpasar, Bali, pada saat cuti bersama terkait perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah tahun 2017 akan tetap melayani warga masyarakat. "Pelayanan publik tersebut merupakan komitmen...
REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Perilaku dan tindakan korupsi terkadang terjadi tanpa disadari. Mulai dari pemberian sebagai ucapan terimakasih atau uang rokok yang sudah dianggap lumrah. "Padahal, meski terlihat sepele seperti itu,...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Reformasi Birokrasi Setjen DPR RI menyerahkan indeks nilai Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dengan skor memuaskan (82.24) kepada Kementerian PAN RB. Skor tahun 2016,...
REPUBLIKA.CO.ID, SINGKAWANG -- Presiden Joko Widodo mengingatkan sektor pelayanan publik masih perlu perbaikan, terutama setelah terbongkar praktik pungutan liar (pungli) di kawasan Pelabuhan Peti Kemas Palaran Samarinda. "Kami melihat Rp...
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyatakan rencana membuat aturan agar pelayanan publik pada hari Sabtu dan Ahad tetap berjalan. Salah satu caranya dengan...
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Provinsi Jawa Timur akan dijadikan sebagai provinsi percontohan terhadap inovasi layanan publik secara nasional di bidang pelayanan publik.Penyataan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi...
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengadakan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil ke aparatur kelurahan. Sosialisasi itu dilakukan untuk...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pelayanan publik terus diperbaiki. Jokowi menilai pelayanan publik di Indonesia masih banyak kekurangan, mulai dari pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP),...
REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak melayani masyarakat dengan baik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dapat dituntut, bahkan...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI masih memberikan catatatan bagi pelayanan publik di kampung dan desa-desa terjauh. Hal inilah yang menjadi perhatian Ombudsman menyasar perbaikan...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walikota Bandung Ridwan Kamil akan menerapkan seribu layanan berbasis aplikasi di Bandung. Alasannya bahwa sudah saatnya masyarakat Indonesia untuk melek teknologi dan lebih memanfaatkan teknologi dengan...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelayanan publik (public service) diatur secara tegas dalam konstitusi, yaitu Pasal 34 UUD NRI Tahun 1945 bahwa negara bertanggungjawab atas penyediaan pelayanan publik yang layak. Namun,...
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengklaim revolusi mental di kalangan aparatur sipil negara berhasil dalam delapan bulan. "Karena sejak awal Presiden Joko Widodo sudah...
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi kembali melakukan silaturahmi ke kantor pelayanan publik. Kali ini, kantor yang menjadi tempat masyarakat mengurus paspor yaitu kantor...
REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB) Yuddy Chrisnandi mengomentari fasilitas sarana pelayanan publik yang tidak terawat di Kabupaten Sukabumi. "Meni kadut pisan (jelek sekali)....
REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengunjungi Kantor Pemkab Sukabumi di Palabuhanratu, Rabu (24/6) sore. Menteri Yuddy disambut oleh Bupati Sukabumi Sukmawijaya yang...
REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB) Yuddy Chrisnandi mengoreksi beberapa detil layanan di kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kabupaten Sukabumi, Jawa...
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menilai kunci kesuksesan program Nawacita pemerintahan Jokowi-JK terletak pada birokrasi. "Saya sepakat apapun visi misi Nawacita, key factor-nya...