Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Aksi Warga Tasikmalaya Bersihkan Sampah di Sungai Ciwulan

Selasa 23 Feb 2021 10:22 WIB

Rep: Bayu Adji/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Sejumlah pegiat lingkungan dari Komunitas Republik Aer, Karang Taruna dan masyarakat membersihkan sampah di Sungai Ciwulan, Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
EMBED
Bersih-bersih sungai dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Puluhan warga dan sejumlah komunitas melakukan aksi bersih-bersih sampah di Sungai Ciwulan tepatnya Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya. Aksi bersih-bersih itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021.

Ketua Komunitas Raksa Lembur yang fokus pada urusan penanganan sampah, ustaz Ahmad Tazakka Bonanza menilai permasalahan sampah plastik di Indonesia  sudah luar biasa. Menurut Ahmad, masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Padahal menurutnya, sungai-sungai khususnya di Tasikmalaya memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata jika keadaannya bersih. 

Ahmad menambahkan, sebagai upaya agar masyarakat ikut sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan dirinya bersama komunitas lain membuat program bank sampah. Menurut Ahmad, nantinya masyarakat bisa menabung sampah plastik yang bisa ditukarkan dengan emas. Ia berharap dengan adanya program bank sampah, masyarakat jadi semakin peduli dengan lingkungannya.

 

 

Videografer | Bayu Adji

Video Editor | Fian Firatmaja

 

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA