Kamis 27 Aug 2020 06:33 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Chatbot Tisa, Sistem Pendukung Para Penyandang Disabilitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Akses informasi untuk teman-teman disabilitas memang masih belum banyak. Atas hal itu, lahirlah sistem informasi digital Tisa (personal assistant yang memiliki kemampuan artificial intelligence).

COO ThisAble EnterprIse Nicky Clara jelaskan, Tisa merupakan merupakan sebuah chatbot yang bisa diakses teman-teman disabilitas untuk memenuhi kebutuhan informasi yang mereka butuhkan. Melalui Tisa, menurutnya, teman-teman disabilitas bisa menanyakan beragam hal. Seperti diantaranya seputar pekerjaan, pendaftaraan kerja, pelatihan, dan layanan pengaduan disabilitas.

Untuk mengakses Tisa, bisa dengan menyimpan nomor 08881027154. Bila sudah menyimpan maka bisa langsung melakukan percakapan menggunakan aplikasi WhatsApp. Menurut Nicky, selain chatbot, menurutnya juga terdapat petugas yang menjawab langsung pertanyaan dari teman-teman disabilitas.

Tidak hanya sebatas mengirim pesan. Menurut Nicky, setelah melakukan percakapan maka akan ada pendataan. Tim dari Tisa akan membantu mengentaskan permasalahan yang dihadapi teman-teman disabilitas.

 

 

Videografer & Video Editor | Fian Firatmaja