Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Kamis, 24 Syawwal 1440 / 27 Juni 2019

Jepang Ingin Ada Olimpiade Robot

Rabu 23 Jul 2014 13:42 WIB

Rep: Niken Paramita/ Red: Muhammad Hafil

Robot manusia AILA mengoperasikan papan kontrol dalam pameran teknologi di Jerman (foto: dok).

Robot manusia AILA mengoperasikan papan kontrol dalam pameran teknologi di Jerman (foto: dok).

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JEPANG -- Ditahun 2020 mendatang, Jepang ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade Musim Panas (Summer Olympic). Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ingin robot sebagai torehan baru dalam olimpiade ini. 

Abe menyatakan minatnya untuk menjadi tuan rumah dalam olimpiade khusus robot sebagai bagian dari kompetisi altetik internasional ini. 

“Saya ingin mengumpulkan semua robot di dunia dan menyelenggarakan olimpiade dimana mereka bersaing dalam keterampilan teknis. Kami ingin robot sebagai pilar utama dalam strategi pertumbuhan ekonomi kita,” ujar Abe yang dilansir Business Insider, Rabu (23/7).

Niatan Abe ini muncul setelah pada Kamis lalu berkunjung ke salah satu pusat fasilitas produksi robot di Saitama, Jepang. Disana robot-robot digunakan untuk membantu manusia dan berkerja secara mandiri diberagam tempat kerja, termasuk di tempat penitipan anak. 

Dalam kunjungannya, Abe menekankan manfaat ekonomi dari robotika modern atas aspek kemanusiaan. “Kami ingin mendirikan sebuah dewan untuk membuat sebuah revolusi robot menjadi kenyataan dalam rangka pertumbuhan Jepang,” tambahnya.

Jepang memang sudah lama dikenal sebagai ibukota desain robot dunia. Gempa bumo dan tsunami tahun 2011 meningkatkan minat pemerintah Jepang dalam menyempurnakan inovasi robot yang berfungsi sebagai responden utama.  Di negara ini berbagai kompetisi robot juga banyak digelar.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA