Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Perkenalkan... Saya Obama, Ikan Jenis Baru.

Ahad 02 Des 2012 16:24 WIB

Red: Taufik Rachman

 Etheostoma obama.

Etheostoma obama.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Andaikata ikan itu bisa bicara mungkin dia akan berkata, "Perkenalkan... saya obama, ikan jenis baru.."

Obama, tepatnya Etheostoma obama. Inilah nama yang diberikan para peneliti pada penemuan terbaru spesies ikan air tawar.

Obama merupakan salah satu spesies dari lima spesies yang ditemukan. Para peneliti tersebut memberi nama kelima spesies ikan yang baru mereka temukan dengan berbagai tokoh kenegaraan.

Nama Obama diberikan, karena dinilai memiliki kemiripan dalam karakteristik sifat dengan spesies ikan terbaru tersebut.

"Kami pilih nama presiden Obama karena kepemimpinannya di bidang lingkungan, terutama menciptakan energi bersih, dan karena dia merupakan salah satu pemimpin pertama yang melakukan pendekatan konservasi dan perlindungan lingkungan," ujar Layman.

Peneliti dari Geosyntec Consultant di Georgia, Steve Layman, dan Ricky Mayden, dari Universitas Saint Louis, melihat ikan spesis baru itu pertama kali di Sungai Duck and Buffalo, yang menjadi bagian dari Sungai Tennessee.   

Beberapa nama tokoh kenegaraan lain juga pernah dijadikan nama berbagai tempat dan benda sebagai tanda penghormatan tempat seperti Teddy Roosevelt, Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Al Gore. Semuanya nama-nama petinggi puncak Amerika Serikat.

Ikan tersebut memiliki beragam warna berbeda di sisiknya, pejantan biasanya berukuran sepanjang 55 mm dan hidup di air tawar sungai yang membelah jantung Amerika Serikat.

Nama ikan itu diambil dari cara ikan itu berenang cepat menghindari bebatuan dan benda sungai lain di dasar sungai.

Ikan ini kebanyakan ditemukan hidup di dasar sungai kecil di utara Alabama dan sebelah timur Tennessee yang merupakan daerah basis Demokrat berkumpul.

Etheostoma obama merupakan ikan kecil berwarna orange dan biru yang berkilauan di sisik dan sirip tipisnya yang melambai-lambai di air.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA