Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Pertama Kali, Fosil Kerangka Gorgosaurus akan Dilelang untuk Umum

Rabu 06 Jul 2022 08:43 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Kerangka fosil Gorgosaurus yang berkeliaran di bumi sekitar 76 juta tahun lalu akan dilelang di New York bulan ini.

Kerangka fosil Gorgosaurus yang berkeliaran di bumi sekitar 76 juta tahun lalu akan dilelang di New York bulan ini.

Foto: AP/julia nikhinson
Kerangka Gorgosaurus akan menyoroti lelang sejarah alam Sotheby pada 28 Juli 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kerangka fosil Gorgosaurus yang berkeliaran di bumi sekitar 76 juta tahun lalu akan dilelang di New York bulan ini. Spesimen ini adalah kerabat T. rex dan ditemukan pada 2018 di Formasi Sungai Judith dekat Havre, Montana, Amerika Serikat. 

Rumah lelang Sotheby menyatakan pada Selasa (5/7/2022), kerangka Gorgosaurus akan menyoroti lelang sejarah alam Sotheby pada 28 Juli 2022. Dinosaurus ini adalah karnivora puncak yang hidup di tempat yang sekarang disebut Amerika Serikat bagian barat dan Kanada selama Cretaceous Period akhir. Spesies ini lebih dulu ada dari kerabatnya Tyrannosaurus rex 10 juta tahun.

Baca Juga

Sotheby mengatakan, tinggi Gorgosaurus yang dilelang hampir tiga meter dan panjang 6,7 meter.  Semua kerangka Gorgosaurus lain yang diketahui ada saat ini hanya ditemui dalam koleksi museum. Pelelangan ini akan menjadikannya satu-satunya spesimen yang tersedia untuk kepemilikan pribadi. 

“Dalam karir saya, saya memiliki hak istimewa untuk menangani dan menjual banyak benda luar biasa dan unik, tetapi hanya sedikit yang memiliki kapasitas untuk menginspirasi keajaiban dan menangkap imajinasi seperti kerangka Gorgosaurus yang luar biasa ini,” ujar kepala sains dan budaya populer global Sotheby Cassandra Hatton.

Perkiraan pra-penjualan Sotheby untuk fosil tersebut adalah lima juta hingga delapan juta dolar AS. 

 
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA