Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Teleskop Hubble Tangkap Gambar Galaksi Seperti Kapal Tertiup Angin

Senin 24 Jan 2022 11:08 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menangkap gambar galaksi seperti kapal layar tertiup angin sepoi-sepoi.

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menangkap gambar galaksi seperti kapal layar tertiup angin sepoi-sepoi.

Foto: hubble, NASA, ESA,
Gambar itu berasal dari galaksi jauh NGC 3381.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menangkap gambar luar angkasa yang menakjubkan. Gambar itu berasal dari galaksi jauh NGC 3381. Terletak 115 juta tahun cahaya, bentuk elegan ini adalah galaksi spiral klasik, yang berada di konstelasi Vela.

Konstelasi Vela memiliki sejarah yang menarik dan terkait dengan bahari, seperti yang dijelaskan oleh para ilmuwan Hubble dalam pernyataan Badan Antariksa Amerika (NASA).

Baca Juga

“Vela awalnya adalah bagian dari konstelasi yang jauh lebih besar, yang dikenal sebagai Argo Navis setelah kapal dongeng Argo dari mitologi Yunani. Argo Navis dibagi menjadi tiga bagian terpisah yang disebut Carina, Puppis, dan Vela-masing-masing dinamai bagian dari Argo. Sebagaimana layaknya sebuah galaksi di konstelasi yang terinspirasi dari laut, tepi luar NGC 3318 hampir menyerupai layar kapal yang tertiup angin sepoi-sepoi,” kata pernyataan NASA, dilansir dari Digital Trends, Senin (24/1/2022).

Teleskop Luar Angkasa Hubble berusia lebih dari 30 tahun. Teleskop ini terus menjadi alat yang sangat berharga baik untuk penelitian astronomi dan berbagi gambar luar angkasa.

Teleskop baru-baru ini melewati tonggak sejarah yang mengesankan karena telah beroperasi selama satu miliar detik. Selama kurun waktu itu, teleskop telah mengungkapkan informasi penting tentang perluasan alam semesta serta target pencitraan baik yang jauh maupun di tata surya kita sendiri.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA