Kamis 06 May 2021 15:42 WIB

SpaceX Berhasil Mendaratkan Prototipe Starship Pertama Kali

SpaceX luncurkan roket prototipe high-altitude Starship pertama kalinya, Rabu (5/5).

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
SpaceX luncurkan roket prototipe high-altitude Starship pertama kalinya, Rabu (5/5).
Foto: The Verge
SpaceX luncurkan roket prototipe high-altitude Starship pertama kalinya, Rabu (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- SpaceX meluncurkan roket prototipe high-altitude Starship dan berhasil mendaratkannya untuk pertama kalinya pada Rabu (5/5). Ini mengatasi tantangan utama dalam pencarian Elon Musk untuk membangun roket Mars yang dapat digunakan kembali sepenuhnya.

Musk mengatakan roket SN15 berisi ratusan perbaikan desain selama prototipe high altitude sebelumnya, yang semuanya hancur selama upaya pendaratan eksplosif. Starship SN15 lepas landas pada pukul 18.24 ET dari fasilitas Space Boca Chica, Texas, melayang lebih dari 9,6 km di angkasa untuk menguji manuver penerbangan.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Kamis (6/5), saat mencapai ketinggian puncak, tiga mesin Raptor SN15 secara bertahap mati untuk memulai jatuh bebas horizontal kembali ke Bumi. Mendekati daratan, dua mesin dinyalakan kembali untuk melakukan “manuver flip pendaratan” yang kompleks, di mana roket mengubah posisi atau reposisi sendiri secara vertikal menjelang pendaratan yang lembut.

Roket itu mengerahkan satu set kaki kecil dan mendarat dengan kokoh di atas landasan beton tidak jauh dari landasan peluncurannya, menjadi prototipe Starship pertama yang masih hidup. Api kecil muncul di dekat pangkal roket setelah mendarat.

“Nominal pendaratan kapal luar angkasa!” Musk men-tweet sekitar tujuh menit setelah pendaratan SN15, menyatakan kesuksesan.

Keempat prototipe ketinggian sebelumnya meledak saat mencoba mendarat-baik pada, sesaat sebelum, atau beberapa saat setelah pendaratan.

Sistem Kapal Luar Angkasa SpaceX dibuat untuk mengirim manusia dan hingga 100 ton kargo ke Bulan dan Mars. Prototipe high-altitude setinggi 16 lantai seperti SN15 hanya mewakili setengah bagian atas Starship. Setengah bagian bawah akan menjadi pendorong “super-berat” yang akan membantu meluncurkan bagian atas Starship sebelum kembali ke darat.

Keberhasilan di fasilitas SpaceX yang disebut “Starbase” di Texas pada Rabu (5/5) mengikuti persetujuan yang kuat dari NASA, yang bulan lalu memberikan perusahaan luar angkasa Musk sebesar 2,9 miliar untuk menggunakan Starship guna menjalankan dua misi pertama badan tersebut ke Bulan sekitar 2024. Penghargaan SpaceX mengejutkan banyak orang di industri luar angkasa yang berharap NASA memiliki dua perusahaan. Blue Origin dan Dynetics memprotes keputusan NASA, dengan mengatakan dua perusahaan seharusnya dipilih seperti yang diharapkan dan menuduh evaluasi agensi tersebut secara tidak adil mendukung Starship. Protes tersebut telah menahan kemampuan SpaceX untuk menggunakan dana 2,9 miliar dolar AS tetapi pengembangan Starship, yang sebagian besar didukung oleh pendanaan swasta dan kekayaan Musk, terus berlanjut.

“Dua pekan terakhir telah penuh dengan pencapaian oleh tim SpaceX,” Insinyur SpaceX John Insprucker setelah pendaratan bersih SN15.

Untuk dua misi bulan SpaceX dan NASA, Starship perlu menunjukkan ia dapat mengisi bahan bakar sendiri di orbit sebelum terbang ke permukaan bulan-dua prestasi yang belum pernah dicapai oleh perusahaan swasta. Starship juga perlu membuktikan bahwa ia dapat menggunakan perangkat pendorong yang sama sekali berbeda untuk mendarat di permukaan Bulan yang berdebu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement