Senin 28 Sep 2020 07:57 WIB

WHO: Sumber Virus Corona Alami

WHO yakin pada sains dan bukti tentang asal mula virus corona.

Rep: Antara/Xinhua/ Red: Ratna Puspita
 Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus
Foto: AP / Christophe Ena
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menegaskan sumber natural dari virus corona. Banyak riset mengenai asal mula virus corona telah memperlihatkan secara keseluruhan bahwa virus tersebut, atau yang disebut SARS-CoV-2, muncul secara alami ketimbang dari lembaga mana pun.

"Virus terjadi secara alami," tegas Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat mengelar konferensi pers mengenai Covid-19 pada Jumat (28/9).

Baca Juga

"WHO yakin pada sains dan bukti dan itulah alasannya kami mengatakan sains, solusi, dan solidaritas," katanya.

Tentang asal-usul corona, Presiden Donald Trump termasuk kalangan yang bertolak belakang dengan pandangan WHO. Menurut opini Trump, yang diulang-ulang oleh menlunya, Mike Pompeo, sumber virus corona baru adalah dari laboratorium virologi Wuhan.

Trump lalu mengusulkan penyelidikan internasional mengenai asal-usul Covid-19. Usul itu didukung oleh Australia. Hal ini menjadi salah satu faktor yang memperenggang hubungan China-Australia.

Trump juga mengeluarkan pernyataan bahwa andaikan China dapat mengatasi virus itu sejak awal, Covid-19 tak akan menjadi pandemi yang menjadi petaka seluruh dunia. Menjelang Pilpres 3 November, isu Covid-19 menjadi salah satu tema kampanye Trump melawan pesaingnya dari Demokrat, JoeBiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement