Rabu 05 Aug 2020 11:57 WIB

Teleskop Tangkap Gambar Nebula Kupu-Kupu yang Cantik

Tampilan kupu-kupu yang khas berasal dari dua bintang di pusat nebula.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop Besar European Southern Observatory (ESO) menangkap citra Nebula Kupu-Kupu.
Foto: eso
Teleskop Besar European Southern Observatory (ESO) menangkap citra Nebula Kupu-Kupu.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Salah satu fenomena yang paling menarik di kosmos adalah Nebula. Awan gas yang besar mengambil bentuk-bentuk yang familiar, dari kepiting hingga penguin dan telurnya.

Citra baru planetary nebula NGC 2899 menambah kupu-kupu yang indah pada 'peternakan binatang' luar angkasa ini. Teleskop Besar European Southern Observatory (ESO) di Chili menangkap pandangan nebula dengan peredam Focal resolusi tinggi dan instrumen Spectrograph dispersi rendah, alias FORS.

Baca Juga

Dilansir di CNET, Rabu (5/8), pengambilan gambar ini merupakan bagian dari program ESM's Cosmic Gems, yang berfokus pada gambar objek yang menarik, membangkitkan minat, atau cantik secara visual. NGC 2899 masuk dalam semua kategori itu.

Bagian yang lebih biru dari nebula menyoroti gas oksigen sedangkan bagian yang lebih merah menunjukkan gas hidrogen. Tampilan kupu-kupu yang khas berasal dari dua bintang di pusat nebula.

"Setelah satu bintang mencapai akhir hidupnya dan membuang lapisan luarnya, bintang lainnya sekarang mengganggu aliran gas, membentuk bentuk dua lobus yang terlihat di sini," kata ESO.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement