Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Sleeping Tabs, Mode di Microosft Edge yang Bisa Bikin Hemat RAM

Kamis 08 Dec 2022 10:27 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Microsoft Edge

Microsoft Edge

Foto: microsoft
Tab yang tidak aktif di Edge dialihkan pada mode tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft Edge telah digunakan oleh banyak orang sejak Microsoft meluncurkannya sebagai browser berbasis Chromium. Pada November 2022, Edge menguasai sekitar 4,5 persen dari pasar browser web.

Salah satu inovasi yang dilihat browser adalah tab tidur (sleeping tabs). Sleeping tabs dirancang untuk menghemat RAM dan mengurangi daya komputer Anda dengan mengalihkan tab browser yang tidak aktif ke mode tidur.

Baca Juga

Microsoft merilis rincian berapa banyak tab yang 'ditidurkan' oleh browser. Dilansir dari Ghacks, Kamis (8/12/2022), menurut posting blog baru dari Microsoft, fitur sleeping tabs yang telah aktif sejak Microsoft Edge 105 menghemat daya komputer. Pada September 2022 saja, browser menidurkan 1,38 miliar tab tidak aktif dalam upaya untuk mengurangi tekanan pada RAM perangkat Windows.

Posting blog selanjutnya mengatakan bahwa tab tidur dengan cara ini menghemat rata-rata 83 persen dari memori yang biasanya digunakan pada tab aktif. Ghacks memeriksa fitur tersebut dan menemukan bahwa fitur tab tidur menghemat rata-rata 39,1 MB RAM per tab yang ditidurkan.

Berdasrkan hitungan matematika, Microsoft Edge menghemat RAM di bawah 54 Petabytes dalam satu bulan. Angka-angka ini cukup besar.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA