Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Fitur Baru Youtube Bantu Masyarakat Dapatkan Informasi Kesehatan Kredibel

Rabu 10 Aug 2022 14:16 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Youtube (Ilustrasi). Youtube Health akan menambahkan panel sumber informasi kesehatan baru pada video untuk memberi konteks serta membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel.

Youtube (Ilustrasi). Youtube Health akan menambahkan panel sumber informasi kesehatan baru pada video untuk memberi konteks serta membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel.

Foto: Flickr
Youtube Health bantu masyarakat peroleh informasi kesehatan yang kredibel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtube meluncurkan fitur Youube Health pada Rabu (10/8/2022). Fitur ini menjadi upaya untuk membantu masyarakat memperoleh informasi kesehatan dari sumber-sumber yang kredibel.

"Fitur baru ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan peran platform kami dalam menghubungkan masyarakat ke informasi berkualitas tinggi," kata Director and Global Head of Healthcare and Public Health Youtube Garth Graham melalui sambungan panggilan video saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga

Fitur tersebut diluncurkan karena pihaknya meyakini bahwa Youtube berpotensi menjadi sarana pembawa perubahan di bidang kesehatan masyarakat. Youtube Health diyakini dapat memberikan dampak positif dalam skala besar kepada masyarakat.

Dengan jargon "Periksa" (Penyedia Ragam Informasi Kesehatan Anda), Youtube Health akan menambahkan panel sumber informasi kesehatan baru pada video untuk memberi konteks serta membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel. Kemudian, ada galeri konten kesehatan yang akan menyoroti video-video dari sumber tersebut dengan lebih efektif saat pengguna menelusuri topik tertentu seputar kesehatan.

Untuk mengidentifikasi sumber yang akan disertakan dalam fitur kesehatan ini, pada awalnya Youtube menggunakan serangkaian prinsip yang disusun oleh National Academy of Medicine (NAM) dari Amerika Serikat. Belum lama ini, organisasi kesehatan dunia (WHO) dan NAM mengadakan pertemuan bersama para ahli dari berbagai disiplin ilmu dari seluruh dunia untuk meninjau dan memvalidasi prinsip-prinsip dalam fitur yang akan digunakan secara global.

Di Indonesia, Youtube telah memulai kerja sama dengan 14 rumah sakit negeri dan swasta serta dengan dokter dan kreator konten yang diharapkan dapat menjembatani informasi yang kredibel kepada masyarakat. Selain itu, melalui program Program Pelapor Tepercaya Youtube (Trusted Flagger), Youtube juga bermitra dengan jaringan global lebih dari 300 lembaga pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA